15 Manfaat Sayur Gambas (Oyong) Untuk Kesehatan

Read Time:7 Minute, 54 Second

Gambas (lufffia acutangula) adalah tanaman dari keluarga Cucurbitaceae. Mayoritas penduduk Indonesia pasti mengenal dan pernah mengonsumsi gambas atau oyong ini dikarenakan ada banyak tersedia di pasar atau warung sayur. Namun tahukah Anda bahwa ada banyak manfaat gambas yang baik bagi kesehatan tubuh?

The Benefits of Loofahs

Did you know the loofah sponge (also known as luffa or lufa) actually starts as a vegetable that is eaten more commonly in Asia and Africa? Right before the Luffa acutangula and Luffa aegyptiaca, a gourd) reaches maturity they are harvested for consumption. Loofah sponges are made from the same gourds after they pass maturity.

gambas,luffa acutangula

They are dried and everything is removed (skin and seeds) from them except for the main network. Initially the loofah sponges were used primarily as a kitchen scrub accessory. Since then their attributes for being a great exfoliator for the skin brought the loofah sponges into the showers of millions.

Loofah sponges come in both a coarse texture and a softer texture sides of the sponge. The coarser texture side of the sponge are at the ends and are great for exfoliating feet, knees, and elbows while the softer texture (long side) is great for full body skin care exfoliating and washing. It is like having a doubled duty exfoliator in one. Loofah sponges are also great for men who work a lot with vehicles or motors that get that ground in dirt and oil into the crevices of the skin. Generally, when this oil and dirt build up gets deep into the pours of ones hands is due to a build up of dead skin cells. By exfoliating the hands on a daily bases with a loofah sponge and a shop soap not only will they remove the embedded grease and dirt but soften their hands which the ladies love. Having one special just for your man in the shower makes quick work of that dirt and grime.

Loofah sponges are great used with sea salts to remove dead skin cells and detoxify your skin. They can also help reduce the appearance of cellulite, improve blood circulation, and regenerate skin cell production. Since they are totally natural they leave behind no chemical residues.

baca juga  Teratai

To maintain your loofah sponges, after use make sure you rinse out all soaps or salt residues and allow to air dry. This will prevent them from growing any mold and prolong their life. If your shower stays in active use, remove your loofah after rinsing out from the shower and allow to dry where it will not be in constant contact with moisture.

Loofah sponges provide the perfect surfaces for your deep to medium exfoliating needs, however too much pressure can cause irritation to the skin. Only apply as much pressure to the loofah sponge onto your skin that is comfortable. It does not require a lot of pressure to get a healthy exfoliation. luffa acutangula indian vegetables

 

Sebelum kita mengetahui nutrisi dan manfaat gambas, sebaiknya kita tahu buah yang satu ini.  Gambas juga dikenal sebagai Sponge Gourd, Labu Dish-Cloth, Bath Sponge, Towel Gourd, labirin dishrag, Rag Gourd, Sponge Sayuran, Sponge Wash-Rag, Smooth Luffa,  dan Scrubber Labu.

Gambas tumbuh subur di daerah beriklim tropis dan subtopis. Tanaman ini tumbuh merambat seperti mentimun. Buah ini berbentuk panjang dengan tonjolan pada permukaan kulitnya dan berwarna hijau, sedangkan daging buahnya berwana putih. Gambas memiliki rasa yang mirip dengan buah Zucchinis.

Kandungan Nutrisi dalam Gambas
Gambas mengandung berbagai vitamin, mineral, anti-oksidan, nutrisi, dan lipid. Oleh karena itu manfaat gambas sangat banyak bagi kesehatan tubuh anda. Dalam 178 gram gambas terkandung nutrisi dan gizi sebagai berikut:

Nutrisi Jumlah % DV
Protein 1,17 g 2,34%
Lemak total 0,61 g 1,74%
Abu 0,66 g N / D
Karbohidrat 25,53 g 19,64%
Serat makanan 5.2 g 13,68%
Total gula 9.2 g N / D
Vitamin Jumlah % DV
Vitamin A 463 mcg 66,14%
Vitamin B5 0,892 mg 17,84%
Vitamin B6 0.176 mg 13,54%
Vitamin C 10,1 mg 11,22%
Vitamin B1 0,082 mg 6,83%
Vitamin B2 0,075 mg 5,77%
Mineral Jumlah % DV
Mangan 0,397 mg 17,26%
Kalium 806 mg 17,15%
Tembaga 0.151 mg 16,78%
Magnesium 36 mg 8,57%
Besi 0,64 mg 8,00%
Fosfor 55 mg 7,86%
Lemak Jumlah % DV
Asam lemak jenuh 0,048 g 0,07%
Asam kelapa sawit 0,034 g N / D
Asam lemak tak jenuh tunggal  –  –

*Persen nilai harian (% DVs) didasarkan pada asupan makanan 2.000 kalori. Nilai harian (DV) mungkin berbeda tergantung pada kebutuhan kalori harian.

Sumber : USDA National Nutrient Data Base

baca juga  Manfaat dan Cara Mengolah Krokot Menjadi Obat | Tanaman Herbal

15 Manfaat Gambas bagi Kesehatan
Semua bagian dari buah gambas adalah obat. Oleh karena itu, penting bagi anda untuk mengetahui manfaat oyong bagi kesehatan tubuh anda. Berikut adalah beberapa mafaat gambas bagi kesehatan tubuh.

1. Mencegah Penyakit Mata
Manfaat gambas yang pertama bagi kesehatan adalah dapat mencegah penyakit mata. Hal tersebut dikarenakan banyaknya kandungan vitmin A yang ada di dalam gambas. Vitamin A mencegah dari degenerasi makula yang dapat menyebabkan kebutaan. Penelitian yang dilakukan oleh National Eye Institutemenunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi vitamin A, vitamin E, vitamin C, tembaga dan seng memiliki penurunan risiko sebesar 25% dari degenerasi makula selama enam tahun.

2. Bermanfaat bagi Jantung
Manfaat gambas untuk kesehatan jantung dapat diperoleh dari vitamin B5 yang terkandung di dalamnya. Perlu anda ingat bahwa mengonsumsi 900 mg vitamin B5 dapat membantu mengurangi kolesteroljahat dan trigliserida, sehingga mengurangi risiko penyakit jantung. Namun, 900 mg merupakan dosisyang tinggi, sebaiknya anda berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu.

Anda tidak perlu khawatir dalam mengonsumsi gambas karena kandungan vitamin B5 hanya sebesar 0,829 mg dalam 100 gram. Jadi, bijaklah dalam mengonsumsinya.

3. Mencegah Diabetes
Manfaat gambas selanjutnya adalah mampu mencegah diabetes. Kandungan Mangan yang terdapat dalam gambas merupakan faktor penting dalam memproduksi enzim pencernaan. Enzim tersebut berguna untuk proses glukoneogenesis dalam tubuh. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Departemen  of Internal Medicine and Biochemistry bahwa Mangan dapat mempromosikan sekresi insulin, meningkatkan fungsi mitokondria, dan mengurangi peroksidasi lipid.

4. Mencegah Nyeri Otot
Selain mencegah diabetes, manfaat oyong juga bisa mencegah nyeri otot. Hal tersebut dikarenakan kandungan kalium yang terdapat pada gambas berguna untuk menstabilkan cairan dan melemaskan otot.  Sedangkan, kekurangan kalium dalam tubuh dapat menyebabkan kram otot, kejang, dan nyeri.

5. Mengurangi Artritis
Manfaat gambas lainnya adalah mengurangi Artritis. Artritis merupakan peradangan pada satu atau lebih persendian yang disertai dengan rasa sakit, kekakuan, kebengkakan,  dan keterbatasan gerak.

Kandungan tembaga pada gambas berfungsi anti-inflamasi. Ini sangat membantu dalam meredakan nyeri dan kekakuan yang terkait dengan Artritis. So,, orang yang menderita radang sendi menggunakan gelang tembaga karena diyakini tembaga mampu meredakan rasa sakit.

6. Membuat Kulit Sehat
Gambas juga bermanfaat bagi kesehatan kulit anda. Hal tersebut dikarenakan banyaknya Vitamin C yang terkandung di dalamnya. Vitamin C mampu mencegah keriput, mengurangi kulit kering, dan mencegah penuaan dini.

7. Membantu Mengobati Anemia
Gambas merupakan sumber vitamin B6. Vitamin B6 sangat penting untuk menghasilkan hemoglobin dalam darah yang membantu memobilisasi zat besi dan membawa oksigen ke semua sel dalam tubuh. Sedangkan, anemia merupakan penyakit yang disebabkan kekurangan sel darah merah.

baca juga  Rutin Mengonsumsi Air Kelapa, Wanita ini Alami Perubahan Pada Tubuhnya

8. Menjaga Fungsi Otak
Manfaat gambas selanjutnya adalah mampu menjaga fungsi otak. Kandungan zat besi yang terdapat dalam gambas sangat penting bagi kesehatan otak. Tanpa adanya zat besi, maka otak tidak akan menerima oksigen yang cukup sehingga menurunkan produktivitas otak. Hal itu pula yang membuat kekurangan zat besi dalam tubuh dapat menimbulkan rasa gelisah, lalai, dan lebih mudah tersinggung.

9. Cepat Menyembuhkan Luka
Vitamin C merupakan faktor penting dalam produksi protein untuk membangun otot, kulit, pembuluh darah dan ligamen. Gambas meiliki kandungan Vitamin C sebanyak 10 mg, sehingga dengan mengonsumsi gambas dapat membantu penyembuhan luka dengan cepat.

10. Mengatasi Migrain
Magnesium yang terdapat pada gambas mampu mengatasai sakit kepala sebelah atau migrain. Hal tersebut dikarenakan magnesium berfungsi untuk menyeimbangkan neurotransmitter di dalam sel-sel saraf di otak.

Penelitian yang telah dipublikasikan di “Expert Review of Neurotherapeutics” menyatakan bahwa mengonsumsi magnesium sebanyak 300 mg mampu mengurangi sakit kepala akibat migrain.

11. Diabetes Tipe-2
Manfaat gambas selanjutnya, yaitu mengurangi risiko terjadinya penyakit diabetes tipe-2. Gambas mengandung banyak magnesium yang sangat dibutuhkan untuk metabolisme glukosa. Dengan mengonsumsi magnesium sebanyak 100 mg setiap hari dapat membantu anda dalam mengurangi risiko diabetes tipe-2 sebesar 15%. Itu berarti, apabila anda mengonsumsi 3 buah gambas setiap hari, maka anda akan terhindar dari risiko penyakit diabetes tipe-2.

12. Menurunkan Berat Badan
Bagi anda yang memiliki masalah dengan berat badan, gambas bisa dijadikan solusi menu diet untuk menurunkan berat badan. Hal tersebut dikarenakan gambas rendah lemak jenuh, kolestrol, dan kalori sehingga tidak membuat penambahan berat badan konsumennya.

13. Meredakan Sembelit
Sama seperti jenis sayuran lainnya, manfaat gambas bagi pencernaan juga mampu meredakan sembelit atau susah buang air besar. Hal tersebut dikarenakan gambas mengandung selulosa yang merupakan serat baik dan juga mengandung kadar air yang tinggi.

14. Mempercepat Proses Penyembuhan Penyakit Kuning
Dengan mengonsumsi jus gambas, maka dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh terhadap infeksi, salah satunya virus hepatitis yang menyebabkan penyakit kuning. Namun masih diperlukan data-data ilmiah mengenai khasiat gambas yang satu ini.

15. Membantu Menghilangkan Jerawat
Manfaat oyong yang terakhir adalah mampu mengurangi atau bahkan menghilangkan jerawat di wajah. Hal tersebut dikarenakan kandungan vitamin C dalam gambas baik untuk kesehatan kulit.

Ternyata ada banyak manfaat yang bisa kita peroleh dengan mengonsumsi gambas, jadi tak perlu ragu untuk mengonsumsinya. Walaupun demikian, perlu anda ingat bahwa wanita hamil dan menyusui yang ingin mengonsumsi gambas tidak boleh berlebihan atau dibatasi jumlahnya.

0 0
Happy
Happy
%
Sad
Sad
%
Excited
Excited
%
Sleppy
Sleppy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
%
Jika bermanfaat. Silakan Share :

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *