Bagi ibu rumah tangga yang bertugas di di dapur, bumbu merupakan salah satu hal penting yang tidak bisa lepas dalam keseharian. Pasalnya, tanpa adanya bumbu dapur maka masakan apapun akan terasa hambar dan tidak enak di lidah.

Meski sangat membantu untuk menyedapkan masakan, namun tahukah anda bahwa ada beberapa bumbu dapur yang justru mengandung bahan kimia yang berbahaya dikonsumsi secara berlebihan? Bahkan efeknya bisa merusak kesehatan lho! Oleh karena itu, sudah seharusnya kita waspada dan jangan sampai hanya karena alasan lezat justru kita mengabaikan kesehatan.

Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa bumbu dapur yang berbahaya bagi kesehatan :

1. MSG

Tak dapat dipungkiri, MSG dan masakan memang merupakan dua hal yang sulit dipisahkan. Masakan tanpa adanya campuran MSG memang akan terasa hambar, sehingga banyak orang seolah-olah mengabaikan efek buruk dari MSG tersebut. Padahal ada beberapa bahaya yang siap mengancam kesehatan jika terlalu sering mengkonsumsi MSG, seperti peradangan hati, obesitas, kerusakan otak, dan lain sebagainya.

2. Biji Pala

Seperti yang kita ketahui, biji pala juga sering dijadikan bumbu dapur untuk menambah kelezatan setiap masakan. Namun perlu anda ketahui, mengkonsumsi biji pala justru bisa menyebabkan seseorang halusinasi hingga tak sadarkan diri lho. Bahkan, jika jumlahnya berlebihan maka bisa membuat jantung berdebar-debar, dehidrasi, mual, kejang, hingga berujung dengan kematian. Lho, kok bisa? Pasalnya, di dalam biji pala mengandung senyawa miristisin atau zat beracun yang berbahaya jika digunakan secara berlebihan. Namun jangan terlalu khawatir, karena penggunaan dalam kadar yang sewajarnya tidak berbahaya kok.

Meski bumbu dapur bisa melezatkan setiap masakan, namun anda juga harus hati-hati ya guys! Jangan berlebihan dalam mengkonsumsinya.

baca juga  Lima Cara Mudah Alami Mengobati Tumit Kaki Pecah-Pecah