4 Manfaat Jahe Yang Masih Jarang Diketahui

4 Manfaat Jahe Yang Masih Jarang Diketahui

Jahe biasanya hanya dikenal akan manfaatnya untuk membantu menghangatkan tubuh atau untuk memperkaya rasa masakan. Padahal, jahe adalah salah satu rempah-rempah yang bisa dibilang ‘ajaib’ karena punya banyak manfaat hebat. Ini empat yang mungkin jarang diketahui, dan bisa segera dicoba!

(Sumber: timesofindia)

  1. Membantu pencernaan bekerja lebih efektif

Pernah makan sampai begah dan perut membuncit saking kekenyangannya? Coba seduh teh yang dicampur dengan rebusan jahe. Ahli gizi Christy Brissette, R.D. mengatakan kepada Women’s Health, jahe bisa meningkatkan kinerja pencernaan sehingga rasa kekenyangan tak bertahan terlalu lama.

2. Mengurangi kram saat menstruasi


Jika Anda selalu merasa kram saat haid, ahli gizi Jessica Perez, R.D. mengatakan bahwa jahe bisa membantu mengurangi intensitas rasa sakit. Kecuali jika rasa sakitnya sudah tak tertahankan, coba gunakan solusi lebih alami untuk mengatasi kram haid.

3. Meningkatkan daya tahan tubuh

Christy Brissette menjelaskan bahwa jahe memiliki kandungan gingerol yang bersifat anti jamur dan anti mikroba. Konsumsi jahe akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Coba minum air rebusan jahe yang ditambah dengan sari lemon dan madu.

(Sumber: simplyrecipes)

 

4. Mengurangi kolesterol jahat

Brissette mengutip sebuah studi yang menemukan bahwa orang-orang yang rutin mengonsumsi sekitar ½ sendok teh sari jahe tiga kali sehari mengalami penurunan kolesterol dibandingkan orang-orang yang tidak. Patut dicoba, kan?

Cover: timeoflifestyle

baca juga  Kapan waktu terbaik bayi makan nanas, apa saja manfaatnya?