5 Tips Sehat Menjaga Mata Ketika Memakai Kosmetik

Ladies, sebagai wanita Anda pasti mengenal maskara, eyeliner dan eye shadow meski mungkin tidak selalu memakainya. Untuk beberapa orang mungkin menggunakannya setiap hari karena tuntutan pekerjaan. Namun hal ini perlu diperhatikan, karena kosmetik yang dipakai pada mata bisa membahayakan organ penting Anda yang satu ini.

Maskara, eye shadow dan eyeliner mungkin akan membuat penampilan Anda menarik dan cantik, namun menjaga kesehatan mata lebih penting dari ketiga benda tersebut, benar begitu? Nah, untuk menjaga mata tetap sehat sekaligus bisa tampil cantik, menurut kutipan dari www.everydayhealth.comada beberapa tips penting yang bisa Anda terapkan ketika memakai kosmetik pada mata, seperti dijelaskan berikut ini

1. Jangan menyimpan make up terlalu lama

Aturan menyimpan make up yang pertama adalah make up hanya bisa disimpan dalam kurun waktu 3-6 bulan, dan jika lebih dari itu, maka sebaiknya dibuang karena kosmetik sudah tercemar bakteri.

2. Jangan gunakan maskara kering

Meskipun belum mencapai 3 bulan atau lebih, namun jika maskara Anda kering atau eyeliner cair Anda mengental, maka segera buang, Ladies.

3. Jauhkan dari sinar matahari atau temperatur panas

Seperti barang-barang lain, kosmetik juga sebaiknya tidak terpapar suhu tinggi seperti panas matahari atau disimpan di mobil terlalu lama. Simpan juga dalam tempat yang tidak lembab. Hal ini akan menyebabkan adanya perubahan pada bahan kosmetik dan mengembangkan bakteri di dalam wadah kosmetik.

4. Jangan mencampur kosmetik satu dengan yang lain

Jika Anda kebetulan suka mencoba berbagai macam merek kosmetik, maka jangan mengombinasikan satu dengan yang lain. Selain karena komposisi bahannya berbeda, hal ini bisa menyebabkan alergi dan pedih di mata jika tidak cocok satu sama lain.

baca juga  Coba 4 Obat Alami Ini Untuk Mengobati Katarak

5. Jangan berbagi kosmetik

Anda mungkin ingin mencoba kosmetik milik teman Anda dan mungkin Anda adalah orang yang baik hati dan mau meminjamkan alat make up ke teman. Hal ini boleh saja asal teman tidak punya penyakit tertentu. Namun sebaiknya dihindari karena tidak ada yang tahu ada bakteri berbahaya apa yang bisa menyebabkan iritasi dan penyakit serius pada mata.

Hindari pula kosmetik yang berbahan glitter, berkilau atau menyala dalam gelap Ladies, karena kebanyakan memiliki bahan yang kasar dan mudah melukai mata. Selain itu, pastikan tangan Anda bersih dan jika ragu sebaiknya cuci tangan terlebih dahulu jika tidak ingin ada kotoran yang masuk ke mata.

Jadi, tidak sulit bukan jika ingin cantik namun tetap memiliki mata yang sehat? Anda hanya perlu menerapkan dan memperhatikan hal-hal kecil mengenai make up.

Jika bermanfaat. Silakan Share :