6 Tips Obat Herbal Atasi Tekanan Darah Tinggi Paling Ampuh

Read Time:2 Minute, 45 Second

6 Pengobatan Alami untuk Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Setiap orang dewasa di seluruh dunia menghadapi hipertensi (juga disebut sebagai tekanan darah tinggi). Menurut heathline, hampir setengah dari orang dewasa Amerika Serikat memiliki tekanan darah tinggi. Nah, hipertensi bisa membaik bila diiringi dengan perubahan gaya hidup dan pengobatan yang rutin.

Banyak orang yang masih berusaha mencari ramuan alami tekanan darah tinggi. Akan tetapi, belum ada penelitian yang merekomendasikan pengobatan herbal sebagai salah satu alternatif pengobatan tekanan darah. Namun, Anda tidak dilarang untuk mencoba obat herbal tekanan darah tinggi dengan syarat Anda tetap mengonsumsi obat-obatan yang sudah diresepkan dokter. Lagipula, memang ada beberapa bahan alami yang bisa menghasilkan efek baik untuk tekanan darah Anda. Apa saja?

Obat Tradisional tekanan darah tinggi

1. Minum suplemen asam lemakĀ omega-3 (minyak ikan)

Lemak sehat ini ditemukan pada ikan, kacang, sayuran, dan suplemen. Banyak penelitian yang menemukan bahwa asam lemak ini baik manfaatnya untuk kesehatan jantung. Menurut American Heart Association, penelitian menunjukkan bahwa asam lemak omega-3 bermanfaat untuk:

  • Menurunkan trigliserida.
  • Memperlambat penumpukan lemak di dalam arter
  • Menurunkan risiko detak jantung abnormal
  • Menurunkan tekanan darah

2. Bawang putih

Bawang putih umumnya digunakan sebagai salah satu rempah makanan yang wajib ada di setiap masakan. Namun, bawang putih bisa menjadi ramuan alami tekanan darah tinggi, lho. Bawang ini mengandung senyawa sulfur yang memiliki efek positif pada tingkat kolesterol. Sedangkan menurut National Institutes of Health, beberapa studi menunjukkan bahwa bawang putih dapat sedikit menurunkan tekanan darah.

Akan tetapi, bawang putih bisa berinteraksi dengan obat-obatan kimia dari dokter. Karena itu, konsultasikan dulu dengan dokter Anda sebelum menggunakan bawang putih sebagai obat herbal tekanan darah tinggi.

baca juga  Gangguan Kecemasan (Agoraphobia) - Gejala, dan mengobati

3. Cokelat

Produk berbahan dasar kakao dan cokelat hitam kaya akan zat antioksidan yang disebut flavonoid. Pada sebuah studi dari National Center for Complementary and Alternative Medicine (NCCAM), orang-orang dengan tekanan darah tinggi yang mengonsumsi cokelat 2 kali sehari selama 2 minggu dapat meningkatkan kemampuan dinding arteri untuk mengendur. Sayangnya, cokelat tidak menurunkan tekanan darah secara drastis.

4. Kayu manis

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus menunjukkan bahwa ekstrak kayu manis dapat menjadi ramuan herbal alami tekanan darah tinggi. Namun, ekstraknya hanya diberikan lewat pembuluh darah melalui suntikan.

Belum jelas apakah kayu manis yang langsung dikonsumsi begitu saja bisa sama khasiatnya dengan yang disuntikkan. Anda bisa menambah kayu manis ke dalam makanan Anda dengan menaburi secukupnya ke sereal sarapan Anda, oatmeal, bahkan di kopi Anda.

5. Jahe

Menurut Heathline, jahe bisa membantu mengendalikan tekanan darah. Uji yang dilakukan pada hewan ini membuktikan bahwa jahe bisa meningkatkan sirkulasi darah dan mengendurkan otot-otot di sekitar pembuluh darah. Hal ini jelas baik untuk kondisi tekanan darah yang lebih dari batas normal. Namun, belum diketahui secara pasti efeknya pada manusia.

6. Teknik relaksasi

Selain bahan-bahan rempah di atas, ada hal lain yang bisa menjadi obat herbal tekanan darah tinggi. Teknik relaksasi mampu melawan respon tubuh terhadap stres, yang mungkin membantu mengendalikan tekanan darah.

  • Meditasi
    Meditasi adalah latihan fokus yang bisa menenangkan pikiran, menenangkan tubuh, dan mengurangi stres. Dalam sebuah penelitian terbaru, meditasi terbukti menurunkan tekanan darah pada kelompok siswa yang berisiko tinggi terkena tekanan darah tinggi.
  • Yoga
    Latihan meditasi kuno ini menggabungkan postur fisik, teknik pernapasan, dan fokus. Yoga dapat membantu fleksibilitas dan kebugaran serta tingkat stres. Menurut NCCAM, penelitian menunjukkan bahwa yoga dapat mengurangi denyut jantung dan tekanan darah.
baca juga  5 Kebiasaan Pagi Ini Bisa Bikin Kamu Cepat Kurus

Editor : Faqih

0 0
Happy
Happy
%
Sad
Sad
%
Excited
Excited
%
Sleppy
Sleppy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
%
Jika bermanfaat. Silakan Share :

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *