Baby oil adalah salah satu produk yang wajib dimiliki oleh para bayi. Minyak yang memiliki berbagai fungsi ini memang memiliki banyak sekali manfaat untuk bayi. Meskipun diciptakan untuk bayi, tapi ternyata baby oil juga banyak digunakan oleh orang dewasa. Hal ini terjadi karena ternyata ada banyak sekali manfaat baby oil untuk wajah dan kecantikanlho!

Kandungan Baby Oil

Baby oil dikenal sebagai minyak serbaguna yang sering digunakan untuk bayi. Baby oilbiasa digunakan untuk memijat bayi, membersihkan dan melembapkan kulit bayi, memijat bayi, dan juga membersihkan kulit kepala bayi. Baby oil aman untuk digunakan pada kulit bayi yang sensitif, sehingga tentunya juga aman untuk digunakan oleh orang dewasa.

Baby oil terbuat dari mineral oil, yang merupakan turunan dari minyak bumi. Minyak mineral memiliki sifat tidak berwarna, tidak berbau, dan tidak mudah teroksidasi. Jenis mineral oil yang digunakan untuk baby oil atau produk kecantikan lainnya adalah minyak mineral yang sudah disuling atau sudah dimurnikan.

Kandungan baby oil umumnya terdiri dari mineral oil hingga 98%, sisanya adalah fragranceatau pewangi. Terdapat juga beberapa produk baby oil dengan kandungan lidah buaya dan juga minyak zaitun. Campuran dapat berbeda pada setiap merek baby oil yang berbeda.

Manfaat Baby Oil untuk Wajah dan Kecantikan

Baby oil tidak hanya baik digunakan untuk bayi, tapi juga memiliki berbagai manfaat untuk orang dewasa. Penggunaan baby oil untuk wajah dan kecantikan ternyata juga sudah banyak dicoba oleh masyarakat. Berikut adalah beberapa manfaat baby oil untuk kecantikan yang populer di masyarakat:

1. Pembersih make up

Manfaat baby oil untuk wajah yang pertama adalah dapat digunakan sebagai pembersih make up. Seperti yang kita ketahui, sisa make up di wajah harus dibersihkan setiap hari. Jika tidak dibersihkan, maka sisa make up di wajah dapat menimbulkan masalah seperti jerawat, kulit kering, atau bahkan dapat menyababkan penuaan dini.

baca juga  Bayi 4 Bulan Belum Bisa Tengkurap Bukanlah Pertanda Buruk

Jika kehabisan pembersih make up, Anda bisa membersihkan make up menggunakan baby oil. Caranya sama seperti menggunakan pembersih make up biasa yaitu dengan menuangkan baby oil ke kapas, kemudian mengoleskannya seluruh wajah. Ulangi hingga tidak ada sisa kotoran yang menempel di kapas.

Meskipun ampuh untuk menghapus make up, termasuk make up yang water proof,penggunaan baby oil untuk menghapus make up setiap hari tidak disarankan. Efektivitas baby oil untuk menghapus make up mungkin tidak sebaik produk pembersih make up.

2. Pelembap kulit wajah

Percaya atau tidak, kulit wajah bisa jadi lembap dengan sering menggunakan baby oil. Tidak hanya kulit wajah sebenarnya, baby oil juga dapat diaplikasikan ke seluruh tubuh. Anda bisa menggunakan baby oil sebagai body lotion dan mengaplikasikannya ke seluruh tubuh setelah mandi.

Jika ingin mendapatkan manfaat baby oil untuk wajah sebagai penjaga kelembapan wajah, Anda bisa menjadikan baby oil sebagai sleeping mask. Anda juga bisa menggunakan baby oil sebagai masker wajah yang dicampurkan dengan bahan alami lain seperti lidah buaya. Masker baby oil dan lidah buaya dipercaya dapat menjadikan wajah lebih lembap, halus, dan dapat juga membantu menghilangkan komedo serta awet muda !

3. Pelembap bibir

Manfaat baby oil untuk wajah lainnya adalah untuk melambapkan bibir. Tentunya bibir yang kering tidak hanya mengganggu penampilan, tapi juga dapat menyiksa karena rasa perih yang ditimbulkannya. Selain dengan minum banyak air putih dan menghindari berbagai kebiasaan yang membuat bibir kering, Anda juga bisa menjadikan baby oil sebagai salah satu solusi.

Gunakan baby oil sebagai masker bibir setiap sebelum tidur. Pagi harinya, rasakan bibir menjadi lebih lembap dan tidak mudah kering. Lakukan setiap hari jika Anda memiliki masalah bibir kering yang cukup parah. Namun jika cara ini tidak efektif untuk melembapkan bibir Anda, lebih baik temukan penyebab bibir kering Anda agar bisa mendapatkan solusi yang tepat.

baca juga  Jangan Mau Tertipu! 2 Bumbu Dapur Ini Justru Berbahaya Dikonsumsi

4. Menggantikan krim pencukur

Baby oil ternyata bisa dimanfaatkan untuk menggantikan krim pencukur. Bagi sebagian pria, mencukur rambut di wajah harus dilakukan secara rutin untuk menjaga penampilan. Mencukur tanpa krim cukur adalah ide buruk karena dapat menyababkan iritasi pada kulit. Jangan khawatir jika kehabisan krim pencukur, Anda juga bisa menjadikan baby oil sebagai salah satu pilihan.

Aplikasikan baby oil sebelum dan sesudah mencukur di area yang dicukur. Selain berguna untuk pria yang ingin mecukur wajah, tentunya baby oil juga bisa digunakan oleh para wanita yang berniat untuk mencukur bulu ketiak atau bulu kaki.

5. Mengatasi dark circle

Bagian bawah mata bisa menggelap dan bengkak akibat kebiasaan kurang tidur, membersihkan wajah terlalu kasar, atau akibat kelelahan. Kondisi ini akan membuat penampilan Anda jadi kurang segar dan tidak meranik. Manfaat baby oil untuk wajah selanjutnya adalah untuk mengatasi masalah kantung mata tersebut dan mengembalikan kepercayaan diri Anda.

Ternyata, manfaat baby oil untuk wajah dapat menjadi penggati eye cream. Caranya adalah oleskan beberapa tetes baby oil di bagaian bawah mata, dan pijat perlahan selama beberapa menit. Setelah selesai, bersihkan baby oil dengan menggunakan kapas, handuk bersih, atau tisu.

6. Menebalkan alis

Manfaat baby oil untuk wajah dan kecantikan lainnya adalah dapat membantu menebalkan alis. Pada dasarnya manfaat baby oil untuk menumbuhkan alis belum teruji secara klinis, tapi penggunaan baby oil untuk membantu melembabkan rambut sudah dapat dibuktikan.

Jadi penggunaan baby oil untuk alis tatap baik karena dapat menjaga kelembapannya sehingga alis dapat tumbuh dengan lebih baik. Jika ingin alis dan bulu mata lebih tebal, Anda bisa mencoba berbagai ramuan alami atau serum alis untuk membantu pertumbuhannya.

baca juga  Musik Disarankan Untuk Didengarkan Bayi dalam Kandungan

7. Melembapkan kutikula kuku

Terakhir, kelembapan kutikula kuku bisa jadi lebih terjaga. Kutikula adalah lapisan yang berada di antara kuku dan kulit. Jika tidak dijaga kelembapannya, maka kutikula dapat menjadi kering, pecah-pecah, dan mudah terinfeksi. Manfaat baby oil pada bagian kutikula dan kuku dapat membatu menjaga agar kutikula tetap lembap.