Abses Bisa Terjadi Dimanapun Tidak Hanya di Kulit

Read Time:1 Minute, 54 Second

Tidak Cuma di Kulit, Abses Bisa Terjadi di Mana Saja

Pengertian Abses

Abses adalah luka yang disebabkan infeksi bakteri. Infeksi pada kulit, nanah dan kotoran akan menumpuk hingga, lama-lama munculah benjolan kemerahan dan terasa sakit sat disentuh. Nah, benjolan berisi nanah inilah disebut abses.

Tak hanya di kulit, penyakit ini juga terjadi pada tubuh. Banyak kasus, lebih sering terjadi di ketiak, di sekitar anus dan miss v, bawah tulang belakang, sekitar gigi, dan pangkal paha Anda.

Folikel rambut yang meradang juga menyebabkan abses, atau disebut bisul (furunucle).

Seberapa umukah abses?
Abses kondisi umum, Semua orang bisa mengalaminya, baik dewasa maupun anak-anak. Dengan mengurangi faktor risiko yang ada. Silakan berkonsultasi dokter untuk informasi lebih lanjut.

Yang perlu diketahui, bermacam abses yang bisa terjadi pada seseorang. Berikut jenis dan cara mengobati abses:

1. Abses pada Gigi

Abses gigi merupakan kondisi terbentuknya kantung atau benjolan berisi nanah pada gigi yang umumnya muncul pada ujung akar gigi. Penyakit ini biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri. Nah, infeksi bakteri ini kebanyakan terjadi pada orang dengan kebersihan dan kesehatan gigi yang buruk.

abses gigi

2. Abses Perianal

Selain gigi, ada juga abses jenis lainnya seperti abses perianal (anus). kata ahli, abses anus merupakan kondisi rongga rektum terisi dengan nanah dan muncul di sekitar anus. Rektum sendiri merupakan bagian terakhir dari usus besar, di mana tinja disimpan sebelum dikeluarkan melalui aus. Nah, saat rektum dan kelenjar lendir dubur mengalami infeksi, maka akan terbentuk lubang pada rongga rektum dan terisi nanah.

Menurut ahli, ada beberapa faktor risiko yang bisa menyebabkan abses perianal. Yaitu, diabetes, radang usus, sistem kekebalan tubuh yang melemah, penggunaan obat kortikosteroid, dan seks anal. Selain itu, penyakit ini bisa saja terjadi pada bayi, anak-anak muda, dan orang dewasa dengan riwayat luka pada anus.

baca juga  15 Cara Menghilangkan Jerawat Alami, Cepat Di Rumah

3. Abses Payudara

Selain abses gigi dan abses anus, kondisi serupa juga bisa terjadi pada payudara. Abses payudara sendiri merupakan benjolan yang diisi oleh nanah yang terbentuk di payudara hingga bisa menyebabkan nyeri. Kata ahli, abses payudara umumnya muncul persis di bawah lapisan kulit. Kebanyakan kondisi medis ini dialami wanita berusia 18 hingga 50 tahun.

Kapan Harus ke Dokter?

Segera berbicara dengan dokter jika abses yang dialami memiliki luka yang lebih besar dari 1 sentimeter, luka semakin terasa sakit, demam di atas 38 derajat celsius dan terdapat garis merah yang menyebar dari abses.

0 0
Happy
Happy
%
Sad
Sad
%
Excited
Excited
%
Sleppy
Sleppy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
%
Jika bermanfaat. Silakan Share :

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *