5 Makanan Ini Bisa Bantu Lancarkan ASI Mam

5 Makanan Ini Bisa Bantu Lancarkan ASI Mam

PemberianASI eksklusif sangat dianjurkan untuk si Kecil. Namun, terkadang hal ini terhambat oleh tidak lancarnya ASI yang Mam hasilkan. Hal ini biasa terjadi karena beberapa faktor, seperti kelelahan atau kurangnya nutrisi.

Penyebab ASI Kurang Lancar

Setiap ibu tentu ingin bisa memberi asupan nutrisi terbaik untuk buah hatinya, salah satunya melalui ASI eksklusif. Namun, ASI yang tidak lancar atau sedikit tentu kadang membuat Mam bingung dan frustrasi. Berikut tiga hal yang umumnya menyebabkan produksi ASI Mam kurang lancar.
1. Dehidrasi

Menyusui akan membuat cairan tubuh dalam tubuh Mam berkurang. Karena itu, pastikan Mam memenuhi kebutuhan cairan tubuh selama masa menyusui untuk menghindari dehidrasi. Selain dapat mengganggu kesehatan dan metabolisme tubuh Mam, kekurangan cairan atau dehidrasi juga bisa menurunkan produksi ASI.

2. Kelelahan

Mungkin Mam masih beradaptasi dengan rutinitas baru karena hadirnya si Kecil. Situasi ini bisa saja menyebabkan Mam merasa kelelahan atau stres. Jika tak segera diatasi, hal ini bisa memengaruhi produksi ASI Mam. Minta Pap atau kerabat terdekat mendampingi Mam pada masa-masa awal setelah melahirkan untuk mengurangi risiko kelelahan.

3. Diet

Setelah melahirkan tentu Mam ingin mengembalikan bentuk badan seperti semula. Banyak Mam yang kemudian langsung memilih untuk menjalani diet. Membatasi asupan Mam selama masa menyusui bisa membuat produksi ASI berkurang. Bisa saja metode diet yang Mam pilih malah menghindari bahan makanan yang sebenarnya bisa membantu melancarkan produksi ASI.

Makanan Pelancar ASI

Untuk memastikan kelancaran produksi ASI, Mam dapat mengonsumsi beberapa makanan pelancar ASI seperti berikut ini.

1. Oatmeal

Oatmeal dianjurkan untuk dikonsumsi karena dapat meningkatkan produksi ASI dengan signifikan. Oatmeal mengandung asam amino triptofan yang membantu melepaskan oksitosin yang dikenal sebagai hormon bahagia dan memberikan efek menenangkan. Ini dapat membantu ibu menyusui mengurangi rasa stres sehingga produksi ASI lebih lancar.

baca juga  Kenali Gejala "Tongue Tie" dan "Lip Tie" pada Bayi

2. Buah aprikot

The University of Wisconsin’s School of Health and Public Medicinemerekomendasikan buah aprikot untuk meningkatkan produksi ASI bagi ibu menyusui. Aprikot adalah buah kaya serat, vitamin A, vitamin C, kalium serta kalsium yang dapat membantu memproduksi ASI.

3. Salmon

Salmon merupakan sumber asam lemak esensial dan asam lemak omega-3 yang dapat membantu melancarkan ASI. Kedua nutrisi tersebut merupakan kunci utama dalam pembentukan ASI dalam tubuh Mam. Selain itu, salmon dapat meningkatkan gizi sehingga kualitas ASI juga bisa menjadi lebih baik.

4. Bayam 

Bayam adalah sumber kalsium yang baik, mengandung zat besi, vitamin K, vitamin A dan asam folat yang penting bagi wanita hamil dan menyusui. Sayuran ini juga mengandung fitoestrogen yang berperan penting dalam kesehatan payudara dan jaringan menyusui.

5. Daun katuk

Daun yang satu ini sudah banyak dikenal untuk meningkatkan produksi ASI. Daun ini mengandung steroid dan polifenol yang dapat meningkatkan kadar prolaktin, yaitu hormon yang dapat mempercepat dan memperlancar produksi ASI. Daun ini dapat dikonsumsi dengan cara dimasak menjadi sup atau dilalap.

Itulah beberapa jenis makanan pelancar ASI yang bisa Mam konsumsi selama masa menyusui. Jadi, Mam tidak perlu khawatir lagi produksi ASI kurang lancar dan tidak bisa memenuhi kebutuhan si Kecil. Perbanyak konsumsi makanan tersebut agar ASI dapat keluar dengan lancar sehingga si Kecil tumbuh dengan baik.

Jika bermanfaat. Silakan Share :