Cara Diet Turun Berat Badan Tanpa Bahayakan Kesehatan

Read Time:5 Minute, 17 Second

Untuk mulai berdiet jika Anda ingin punya berat badan ideal. Namun, Anda harus pintar strateginya agar diet sehat berjalan baik tanpa hambatan. Cara diet yang salah bisa membahayakan kesehatan tubuh,! Lantas, bagaimana cara menurunkan berat badan yang sehat?

Diet bukan hanya tentang menurunkan berat badan

Diet sering diartikan sebagai upaya untuk menurunkan berat badan dengan mengurangi porsi makanan dan membatasi jenis makanan. Karena itu, banyak orang percaya bahwa diet dijalani hanya oleh orang kelebihan berat badan yang ingin kurus. Padahal, pengertian diet yang seperti ini kurang tepat.


weight loss programs,how to lose weight,weight loss diet,weight loss products,rapid weight loss,easy weight loss,loose weight,weight loss

Diet sebenarnya bukan hanya bertujuan menurunkan berat badan. “Diet” adalah kata serapan bahasa Inggris yang secara harfiah artinya “makanan yang biasa dikonsumsi”. Kata “diet” itu sendiri berakar pada bahasa Yunani Kuno yang berarti “cara hidup”.

Jadi Anda bisa menafsirkan makna asli dari diet adalah kebiasaan makan yang menjadi gaya hidup. Jadi jika selama ini terbiasa makanan manis, bisa dibilang Anda menjalani diet tinggi gula. Bagi Anda yang terbiasa banyak makan buah dan sayur, Anda sedang berdiet tinggi serat.

Diet juga bisa diartikan sebagai pola makan bergizi seimbang untuk mencapai tujuan berbeda, tergantung masing-masing individu. Melihat definisi diet, kita sekarang dapat meluruskan anggapan kuno bahwa diet hanya dapat dijalani oleh orang gemuk. Semua, tanpa memandang usia, pria, wanita, bayi, anak-anak, remaja, dewasa dan manula dapat berdiet. Hanya saja Anda perlu tahu cara diet yang sehat.

Pola makan yang sehat dan seimbang membantu setiap organ tubuh bekerja lebih efisien. Jika nutrisi dalam tubuh tidak tercukupi dengan baik, metabolisme tubuh akan menurun sehingga Anda jadi lebih gampang sakit dan mengalami perubahan berat badan secara drastis.

baca juga  7 Cara Mengecilkan Perut Besar setelah Melahirkan Saesar

Aturan diet sehat agar turun berat badan

Jika tujuan utama Anda memang menurunkan berat badan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum mulai rencana diet. Tenang, diet untuk memangkas berat badan itu tidak sesusah yang Anda bayangkan, kok!

Terapkan langkah sehat di bawah ini, bukan hanya berat badan ideal saja. Dalam jangka panjang, diet sehat akan membantu Anda tercegah dari berbagai penyakit kronis.

1. Pilih makanan yang tepat

Jika selama ini terbiasa makan makanan berlemak, berminyak, asin, atau manis, sebaiknya mulai perlahan tukar menu makan Anda dengan yang lebih sehat. Ya! Pemilihan jenis makanan yang tepat memegang peran penting untuk menjamin kesuksesan diet Anda.

Pilihan makanan yang bisa mendukung rencana diet sehat Anda di antaranya adalah sayur dan buah segar, daging merah dan putih tanpa lemak, ikan, kacang dan biji-bijian, susu dan produk susu rendah lemak, dan makanan kaya pati resisten.

Cara diet sehat ini dapat menghindari makanan berlemak serta kadar gula tinggi. Selain itu, hindari pula makanan kemasan serta gorengan sebab makanan seperti itu akan menggagalkan diet sehat Anda.

2. Atur porsinya

Semua makanan tetap dibutuhkan tubuh, Anda hanya mengatur porsinya dengan baik. Diet yang sehat bukan berarti harus minimum porsi makan Anda. Kuncinya Anda harus makan sesuai kebutuhan kalori harian. Ingat, menjaga asupan kalori penting agar semua fungsi tubuh tetap berjalan optimal.

Bagaimana cara menghitung kebutuhan kalori harian saat diet? Faktanya, tidak ada aturan pasti mengenai perhitungannya. Total kebutuhan kalori setiap orang berbeda-beda. Namun jika ingin menurunkan berat badan, idealnya Anda hanya perlu mengurangi 500 kalori sehari. Dengan pengurangan ini, Anda kehilangan 0,5-1 kg berat badan tiap minggu.

baca juga  Cardiotocography (CTG)

Untuk menerapkan diet sehat, ingatlah selalu bahwa Anda harus memenuhi semua zat gizi yang diperlukan tubuh dalam satu porsi makan. Pastikan ada sumber karbohidrat (makanan pokok), lauk protein (hewani atau nabati), lemak sehat, serat, serta vitamin dan mineral dari lauk sayuran. Jangan lupa selipkan satu mangkuk buah-buahan sebagai camilan di antara waktu makan.

Selalu perhatikan porsi makan Anda. Idealnya, bagilah piring Anda menjadi 4 bagian. Seperempat untuk daging / sumber protein Anda, seperempat untuk karbohidrat, dan dua perempat terakhir untuk sayuran hijau dan berwarna-warni. Ingat, hindari makanan berat berlemak atau makanan tinggi gula saat makan agar berat badan Anda tetap terkendali.

Lebih detilnya Anda dapat menyesuaikannya dengan prinsip gizi seimbang, dengan merujuk pada gambar di atas. Kalau masih kesulitan, sebaiknya konsultasikan lebih lanjut bersama ahli gizi terpercaya.

3. Buat jadwal makan teratur

Banyak orang berpikir bahwa diet akan lebih cepat jika kita melewatkan waktu makan. Beberapa memilih untuk tidak sarapan, makan siang, atau makan malam. Namun kenyataannya, cara diet seperti ini salah.

Setiap waktu makan itu penting bagi Anda. Melewatkan waktu makan justru akan membuat Anda kelaparan, gula darah naik-turun drastis, dan semakin stres hingga mengacaukan rencana diet sehat Anda.

Tidak apa makan tiga kali sehari, asalkan mengikuti aturan distribusi di atas. Jika memang ingin mengurangi jumlah makan, Anda dapat membagi 3 waktu makan besar menjadi 6 kali makan sepanjang hari dengan porsi yang lebih kecil.

Kuncinya, hindari makanan tinggi lemak dan tinggi kalori. Pastikan Anda selalu sarapan dengan makanan yang tinggi protein dan serat agar bisa tetap kenyang hingga siang hari.

4. Kurangi gula dan garam

Nah selain mengatur porsi makan, Anda juga harus lebih membatasi asupan garam, gula, lemak trans, dan minyak, ya! Mengurangi jumlah kandungan tersebut adalah salah satu kunci kesuksesan diet sehat juga menjamin kesehatan Anda dalam jangka panjang.

baca juga  Cek Feses

Makanan yang berkadar gula, garam, minyak, dan lemak juga tinggi kalori buruk bagi tubuh. Kementerian Kesehatan RI merekomendasikan pembatasan prinsip G4G1L5 agar mudah diingat. Panduannya bermakna, gula 4 sendok per hari, garam 1 sendok teh per hari, dan lemak sebanyak 5 sendok makan per hari.

Untuk mengurangi gula, Anda bisa mengganti gula atau gula murni dengan pemanis rendah kalori. Pemanis alternatif umumnya cenderung lebih aman bagi gula darah Anda.

5. Jadikan olahraga sebagai kebutuhan

Olahraga adalah cara termudah untuk diet sehat. Mengatur porsi makan tidak akan menurunkan berat badan jika tidak disertai dengan olahraga teratur. Karena tubuh Anda perlu membakar kalori yang masuk ke tubuh sekaligus membangun otot. Tidak ada cara selain olahraga, untuk menghilangkan lemak tubuh?

Mulai membiasakan olahraga teratur selama setidaknya 30 menit sehari. Nah, sebagai permulaan, Anda bisa berjalan atau jogging di dekat rumah selama 30 menit. Mulai sekarang jadikan berolahraga suatu keharusan, bukan kewajiban.

6. Jauhi kebiasaan buruk

Selain mengatur pola makan dan olahraga rutin Anda, rencana diet Anda akan lebih baik jika Anda juga menerapkan pola hidup sehat secara keseluruhan. Apa pola hidup yang baik?

Ada berbagai cara, Misalnya, istirahat cukup 7-8 jam per malam, sebisa mungkin hindari lembur dan begadang. Hindari mengkonsumsi alkohol dan tidak merokok. Hal-hal ini akan membantu diet sehat Anda berjalan dengan mudah.

0 0
Happy
Happy
%
Sad
Sad
%
Excited
Excited
%
Sleppy
Sleppy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
%
Jika bermanfaat. Silakan Share :

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *