Pahami 5 Cara Klaim Asuransi Kesehatan

Read Time:3 Minute, 1 Second

Beberapa orang mungkin memilih asuransi kesehatan untuk membantu dalam pengobatan jika sakit, dengan asuransi menanggung semua biaya perawatan di rumah sakit.

Pemerintah sekarang melakukan program asuransi intensif yang dapat membantu masyarakat, terutama masyarakat tidak mampu, agar bisa berobat secara mandiri.

Asuransi kesehatan bermanfaat sangat membantu kita dalam pengobatan, terutama bagi yang membutuhkan biaya penting seperti operasi. Banyak dari mereka kesulitan mencari dana pengobatan medis sebab biaya yang tinggi. Akibatnya, masyarakat berpartisipasi dalam program asuransi kesehatan pemerintah yang membantu meringankan perawatan apapun.

Meskipun banyak orang saat ini memiliki asuransi, beberapa orang tahu atau bahkan kurang mengerti entang prosedur mengklaim asuransi. Prosedurnya dijelaskan oleh agen dan dijelaskan jelas dalam font book. Untuk itu, kita harus memahami lagi cara dan prosedur mengklaim asuransi kita. Berikut ini beberapa cara untuk mengklaim asuransi.

  1. Pastikan untuk Selalu Membayar Premi

Jika kita memutuskan untuk mengambil asuransi kesehatan, ada baiknya mempertimbangkan premi yang harus dibayarkan setiap bulan. Pastikan penghasilan bulanan Anda cukup untuk membayar asuransi kesehatan Anda. Kalkulasi awal sehingga kita bisa membayar premi bulanan dan sebagai pengeluaran wajib setiap bulan.

  1. Pastikan Masa Aktif Asuransi Sudah Lebih dari 30 Hari

Banyak perusahaan asuransi menetapkan masa asuransi aktif setelah 30 hari. Jika itu  kurang dari 30 hari, kita mungkin tidak akan dirawat di rumah sakit atau ditolak, kecuali dalam keadaan darurat seperti kecelakaan.

  1. Pastikan untuk Membaca Klausul Pengecualian

Setelah kita memiliki asuransi kesehatan dan mendapatkan kewenangan, ada beberapa yang harus diperhatikan. Misalnya saja membaca kebijakan dalam klausul pengecualian.

Berikut beberapa contoh kebijakan klausa pengecualian yang ditentukan.

  1. Untuk penyakit bersifat kritis seperti jantung koroner dan 34 penyakit kritis lainnya, bisa diklaimkan setidaknya setelah 6 bulan.
  2. Untuk penyakit yang sudah ada sebelumnya, maka perusahaan asuransi tidak akan menanggungnya. Misalnya penyakit bawaan lahir.
  3. Pastikan bahwa kita memeriksa batas asuransi yang diberikan. Plafon berisi biaya medis maksimum yang ditanggung oleh asuransi selama dirawat. Jika Anda menggunakan lebih dari biaya perawatan, kita harus membayar kekurangannya.
  1. Bagaimana Jika Kita  Mendadak Sakit?

  1. Jika kartu asuransi terdapat nomor SOS internasional maka hubungi rumah sakit terdekat yang bisa kita rujuk.
  2. Setelah menerima rujukan rumah sakit, biasanya akan ditanya apakah ruang perawatan sama dengan plafon atau lebih tinggi. Jika kita memang dapat meningkatkan kekurangannya, tidak masalah.
  3. Biasanya, perusahaan asuransi kesehatan menggunakan kartu sehingga kita bisa melakukan perawatan di rumah sakit secara gratis atau tidak mengeluarkan sepersenpun, karena semuanya sudah diasuransikan.
  1. Bayar Belakangan (Reimbursement)

Dalam asuransi kesehatan, ada metode reimbursement atau bayar belakangan. Sehingga saat melakukan pengobatan, kita harus membayar sendiri biaya pengobatan tersebut terlebih dahulu, namun biaya tersebut akan diganti di akhir oleh pihak asuransi. Berikut di bawah ini prosedur dari reimbursement.

  1. Ada dua jenis klaim untuk metode reimbursment, yaitu formulir klaim asuransi dan yang kedua adalah surat konfirmasi dari dokter yang merawat.
  2. Saat hendak ke rumah sakit pastikan untuk membawa kedua form tersebut dan berikan kepada susternya kemudian mereka yang akan mengisi dengan disertai cap rumah sakit.
  3. Setelah selesai, kita akan mendapatkan kuitansi tagihan atas pengobatan yang kita lakukan dari rumah sakit tersebut, pastikan untuk mem-fotocopy kuitansi tersebut serta meminta rumah sakit untuk melegalisasi, karena kuitansi asli nantinya akan diminta oleh pihak asuransi.
  4. Setelah pulang dari rumah sakit, kita akan memiliki 3 dokumen, dua formulir klaim serta satu kuitansi. Kemudian kita bisa melengkapinya dengan fotokopi KTP dan fotokopi buku rekening. Dokumen tersebut kemudian diteruskan pada departemen klaim asuransi yang bersangkutan. Kita bisa mengawasi prosesnya melalui telpon, setelah maksimal 14 hari kita akan menerima uang ganti sebesar yang tercantum pada kuitansi dari pihak asuransi.
baca juga  Penyakit Asam Urat 

Perhatikan Metode Klaimnya

Beberapa orang, langkah-langkah di atas masih dianggap membingungkan. Namun, pastikan Anda memahaminya sehingga dapat memanfaatkan asuransi kesehatan yang dimiliki. Terlepas dari jenis asuransi yang Anda gunakan, Anda harus bertanya terlebih dahulu tentang mekanisme klaim asuransinya.

0 0
Happy
Happy
%
Sad
Sad
%
Excited
Excited
%
Sleppy
Sleppy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
%
Jika bermanfaat. Silakan Share :

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *