Berhenti Cuek, Ini Loh 10 Ciri-Ciri Ginjalmu Bermasalah

Berhenti Cuek, Ini Loh 10 Ciri-Ciri Ginjalmu Bermasalah

Gagal Ginjaladalah suatu jenis penyakit yang menyerang ginjal yang sangat berbahaya. Gagal ginjal sendiri memiliki beberapa fase gejala gejala awal yang diderita oleh penderita penyakit ini. Biasanya gejala awal yang diderita oleh penderita penyakit ini adalah menurunnya fungsi ginjal, fungsi ginjal menurun sekitar 20%.

Namun, apabila gejala gejala di awal ini tidak diperhatikan dengan serius maka bisa saja kerusakan pada ginjal akan semakin menjadi parah. Gagal ginjal berarti adalah kegagalan ginjal dalam melaksanakan berbagai fungsi penting bagi tubuh.

Penurunan awal fungsi ginjal yang tanpa gejala ini membuat pengidap GGK kerap tidak segera menyadari penyakitnya. Perubahan fungsi ginjal umumnya baru dapat terdeteksi dari pemeriksaan urin dan darah secara rutin. Pengidap penyakit ginjal yang telah terdiagnosis akan menjalani pemeriksaan secara teratur untuk memantau fungsi ginjalnya. Pemeriksaan ini dilakukan dengan tes darah dan urin. Terapi perawatan juga dilakukan untuk mencegah agar penyakit tidak berkembang.

Tes darah, urin, dan pemantauan rutin ini juga berfungsi untuk mendeteksi jika ginjal mulai kehilangan fungsi dan mengarah kepada gagal ginjal. Gagal ginjalmenunjukkan gejala sebagai berikut:

1. Sering merasa lemah dan mudah lelah.

Penipisan fungsi ginjal yang parah menyebabkan racun dan darah Anda meningkat. Keadaan ini akan membuat Anda merasa lelah dan lemah, dan sulit untuk fokus. Anemia juga merupakan komplikasi ginjal yang menyebabkan lemah dan kelelahan. Ginjal bisa menghasilkan hormon eritropoietin yang bekerja untuk memberikan sinyal kepada tubuh untuk memproduksi sel darah merah. Saat organ ginjal tidak optimal dalam memproduksi hormon eritropoietin maka tubuh juga akan kehilangan kemampuan untuk menghasilkan sel darah merah. Dampak buruknya tubuh akan mudah merasa lelah karena suplay oksigen yang dibawa sel darah merah ke otot dan otak semakin berkurang. Jadi gejala anemia biasanya terjadi pada tahap awal.

baca juga  Terkena Maag, Jangan Makan Mie Instan

2. Lebih sering kencing.

Jika ginjal Anda mulai rusak, akan meningkatkan frekuensi kencing. Jadi jika Anda sering merasa buang air kecil terutama di malam hari, mungkin itu pertanda ginjal Anda sedang mengalami gangguan. Selain itu, ada juga gejala dimana anda merasa seperti tertekan ketika buang air kecil, biasanya seperti rasa ingin mengejan karena ada yang harus dikeluarkan secara paksa.

3. Kencing berbuih.

Jika kencing anda berbuih atau terlihat agak berbusa dan memerlukan anda untuk flush beberapa kali, ini menunjukkan bahwa anda mungkin menderita penyakit buah pinggang. Buih-buih menandakan adanya protein yang “bocor” ke dalam urin anda, yang seharusnya tidak terjadi. Beberapa jenis protein yang paling sering ditemukan adalah seperti albumin.

4. Mengalami gangguan tidur. 

Racun yang seharusnya dikeluarkan melalui urine akan tetap berada dalam darah jika ginjal Anda tidak memproses filtrasi dengan benar. Racun ini akan menjadi penyebab sulit tidur anda. Gangguan tidur atau “Sleep apnea” akan lebih sering terjadi pada orang dengan penyakit ginjal kronis dibandingkan mereka yang sehat. Racun telah mempengaruhi proses metabolisme dalam tubuh. Hal ini sering menyebabkan penderita gagal ginjal juga merasa sangat frustasi.

5. Ada darah di dalam urine.

Ginjal yang sehat akan menjaga sel-sel darah dalam tubuh saat menyaring sampah dari darah untuk menghasilkan urine. Jadi, urin Anda tidak memiliki darah. Tapi jika ginjal Anda rusak, sel darah ini akan “bocor” dan masuk ke air kencing. Selain masalah ginjal, darah kemih juga merupakan pertanda bahwa Anda mungkin memiliki tumor, ginjal atau infeksi. Air kencing ini umumnya berwarna agak gelap, merah, coklat, atau ungu.

6. Kurang nafsu makan.

Ini adalah gejala yang sangat umum, tapi jika Anda memiliki sedikit nafsu makan, mungkin ada masalah dengan ginjal anda. Racun yang terkumpul menyebabkan fungsi ginjal terbebani dan memicu hilangnya nafsu makan. Racun secara signifikan mempengaruhi proses metabolism dalam tubuh. Hal ini sering menyebabkan penderita gagal ginjal juga merasa sangat frustasi

baca juga  9 Langkah Mudah Menjaga Ginjal Selalu Sehat

7. Sekitar mata bengkak. 

Pembengkakan yang terjadi di sekitar mata bisa menjadi pertanda gagal ginjal yang sangat serius. Kemampuan ginjal untuk menyaring semua racun dalam tubuh sudah sangat buruk sehingga terjadi penumpukan protein berlebihan dalam tubuh. Protein yang sudah bocor di dalam tubuh akan membuat bengkak di bagian mata. Kondisi ini harus segera mendapatkan perawatan dokter

8. Wajah, tangan, perut, diatas pantat, dan kaki bengkak. 

Ketika ginjal berhenti bekerja secara normal, maka ada banyak cairan ekstra yang gagal di buang oleh tubuh, cairan ini akan menempati ruang di mana saja di dalam tubuh. Itu sebabnya salah satu ciri-ciri gagal ginjal yang bisa kita lihat adalah pembengkakan pada kaki, lengan, tangan, atau wajah karena akumulasi cairan. Pada awalnya, sebagian besar individu melihat pergelangan kaki mereka bengkak pada malam hari, atau wajah bengkak entah dari mana; dan kemudian mereka dapat mulai melihat pembengkakan meluas ke area lain dari tubuh.

9. Otot kram. 

Penderita gagal ginjal juga bisa mengalami kram otot. Rasa kram otot bisa terjadi kapan saja namun paling sering pada malam hari. Biasanya hal ini disebabkan karena tubuh mengalami ketidakseimbangan cairan elektrolit yang berasal akibat terjadi gangguan fungsi ginjal. Kondisi ini biasanya paling dipengaruhi ketika tubuh tidak memiliki kadar kalsium yang cukup atau jumlah fosfor yang sangat kurang.

10. Sering nyeri persendian dan punggung. 

Punggung sakit menandakan adanya sesuatu di dalam ginjal. Ginjal berada di daerah belakang kanan kiri sekitar pinggang. Kerusakan pada ginjal akan menyebabkan pungung sakit. Gagal ginjal bisa menyebabkan nyeri, kekakuan, dan cairan pada sendi, titik-titik di mana dua atau lebih tulang bertemu bersama-sama. Gejala-gejala ini adalah hasil dari amyloidosis. Ginjalyang sehat menyaring protein amiloid keluar dari darah, tetapi filter dialisis tidak seefisien ginjal dalam menghilangkan amyloid.

baca juga  Sayur Seledri Pencuci Ginjal, Asam Urat Pun Minggat

baca juga :MEMBANTU MENYEMBUHKAN GAGAL GINJAL

Jika bermanfaat. Silakan Share :