4 Ciri Utama yang Menunjukkan Anda Memiliki Mata Silinder

Saat Anda kesulitan melihat suatu objek, mungkin Anda akan menerka-nerka apakah kondisi yang Anda alami adalah mata minus, plus, atau silinder? Kesulitan dalam melihat garis lurus sering dikaitkan dengan gangguan mata silinder. Lantas, apa lagi ciri-ciri mata silinder lainnya?

Apa saja yang menjadi ciri-ciri mata silinder?

Mata silinder (astigmatisma) adalah masalah mata yang terjadi karena kornea atau lensa di bagian dalam bola mata Anda tidak dapat melengkung dengan sempurna. Anda bisa saja mengalami mata silinder dengan tingkatan yang berbeda di masing-masing mata.

Artinya, mungkin hanya salah satu mata saja yang mengalami silinder sementara yang lainnya tidak. Atau kedua mengalami silinder, tapi dengan tingkat keparahan yang berbeda.

Tidak menutup kemungkinan juga kalau silinder bisa dialami bersamaan dengan rabun jauh dan rabun dekat. Beberapa hal berikut ini merupakan ciri-ciri mata silinder yang mungkin Anda alami:

1. Pandangan kabur

cara mengobati mata silinder

Penglihatan tampak buram merupakan tanda umum yang menunjukkan adanya kerusakan pada mata. Normalnya, lensa di dalam bola mata seharusnya berbentuk bulat sempurna. Tujuannya, untuk meratakan penyebaran cahaya yang datang ke mata agar objek bisa terlihat dengan jelas.

baca juga : Solusi Mata Minus, Plus, Katarak, Glukoma dll

Namun pada kondisi mata silinder, lengkungan pada lensa mata tidak terbentuk dengan sempurna. Perbedaan bentuk lengkungan ini bisa mengubah cahaya yang masuk atau membiaskan kembali ke arah yang lain.

Akhirnya, objek cahaya tidak dapat jatuh tepat di retina. Ini yang menyebabkan penglihatan Anda menjadi buram dan tidak jelas.

2. Mata lelah

penyakit mata keratoconus

Oleh karena mata harus bekerja ekstra keras akibat adanya kerusakan, mata jadi mudah lelah saat melihat. Terutama ketika mata harus fokus dalam waktu lama pada suatu objek, seperti membaca buku, menatap layar elektronik, ataupun melihat dari jarak jauh.

baca juga  Manfaat Sawi Putih Bagi Mata Sehat hingga Cegah Osteoporosis 

Yuk, atasi mata lelah dengan melakukan senam mata! Gerakannya bisa dilihat di sini.

3. Sering menyipitkan mata

mempertajam penglihatan mata

Sering menyipitkan mata saat melihat dari jarak dekat atau jauh? Ya, kesulitan untuk melihat suatu objek, tak jarang membuat Anda harus menyipitkan mata sampai objek terlihat cukup jelas.

4. Sakit kepala

penyebab sakit kepala sebelah

Dalam beberapa kasus, silinder yang parah juga akan berdampak pada timbulnya rasa sakit kepala. Kondisi ini biasanya terjadi akibat mata yang lelah ketika berusaha agar dapat melihat objek dengan jelas.

Jika bermanfaat. Silakan Share :