Daun Sirih Dapat Obati Mata Minus, Benarkah? Ini Jawaban dari Ahli

Daun sirih mampu obati mata minus?
Daun sirih mampu obati mata minus? Pernahkah Anda mendengar bahwa daun sirih dapat obati mata minus? Ya, beberapa dari kita pasti pernah mendengar bahwa daun sirih dapat menyembuhkan minus mata. Namun apakah benar bahwa daun sirih memiliki efek seperti itu?

Berbagai penelitian di bagian farmasi mengatakan daun sirih memang memiliki efek yang baik karena memiliki kandungan antiseptic di dalamnya. Namun permasalahannya daun sirih itu menjadi efek buruk apabila kita tidak bisa menyiapkannya dengan baik.

Dr. Rina La Distia Nora dari Persatuan Dokter Spesialis Mata Indonesia (Perdami) mengatakan bahwa permasalahan yang sering ditemukan pada masyarakat kita adalah kesalahan dalam mempersiapkan air sirih itu sendiri.

Mata minus

Kebanyakan dari masyarakat kita mengolahnya dengan cara direbus lalu dirambang (disaring). Menurut dr. Rina, hanya dengan merebus, tidak menjamin kuman yang ada di dalam air tersebut mati.

Sedangkan saat dirambang sendiri, kita terbiasa melakukannya saat air rebusan sudah dingin. Hal tersebut akan membuat kuman muncul lagi.

Dr. Rina sendiri tidak menganjurkan daun sirih untuk dipakai oleh masyarakat awam, melihat persiapan dalam pengolahannya sendiri tidak terlalu baik. Dari cerita dr. Rina, ia beberapa kali kedapatan pasien yang menderita ulkus kornea.

Daun sirih

Ulkus kornea ini disebabkan oleh infeksi dari debu, kotoran yang masuk ke bola mata. Kondisi tersebut menurut dr. Rina sesungguhnya tidak apa-apa, namun akibat dirambang air sirih, terdapat jamur yang masuk.

Jadi apabila kita tidak dapat menyiapkannya dengan baik, sebaiknya jangan pakai daun sirih untuk diaplikasikan pada mata. Mata minus sendiri salah satunya dapat kita cegah dengan menghindari melihat komputer teralu dekat

Jika bermanfaat. Silakan Share :
baca juga  Adas Manis, si Mungil namun Kaya Manfaat