In Nepal, menstruation is often considered taboo and some girls aren’t allowed to go to school while on their period. This translates into up to 2 months of missed school for some girls! And that’s a major roadblock to educating and empowering girls in Nepal. healthy diet,weight loss,how to lose weight

Teaching our Little Sisters and their families about menstruation so it is viewed as a normal part of life, and no longer taboo, is one part of the solution. Another part of the solution is providing girls with reusable sanitary pads.

Finding the right reusable solution is key—it has to be something the girls want to use! This week, our staff and Mentors put together 25 kits sourced from Days for Girls. They include 8 reusable pads, 2 Ziploc bags, 1 drawstring carry bag, 2 moisture barrier shields, 2 pairs of panties, 1 washcloth and 1 bar of soap. These kits are awesome! ,menstrual,menstruation cycle,heavy menstrual bleeding,heavy periods,abnormal menstruation,nurse,health

Having a test run is an important step toward helping us find the right solution, so we’ve asked some Little Sisters to try them out and give us feedback. We’re not happy until they are! ,diet plan,healthy eating,healthy food,menstrual flow,menstrual cycles,menstrual periods,menstrual cycle,periods

Siklus menstruasi pada tiap wanita tidak selalu sama. Sebagian wanita mungkin pernah mengalami menstruasi dengan volume darah sedikit dan waktu yang singkat. Dalam ilmu medis, menstruasi sedikit ini disebut hypomenorrhea.

Menstruasi sedikit bisa disebabkan oleh faktor keturunan, faktor usia, gaya hidup, ketidakseimbangan hormon, adanya kehamilan atau masalah pada kehamilan, dan kondisi kesehatan.

Penyebab Menstruasi Sedikit

Berikut beberapa penyebab menstruasi sedikit beserta penjelasannya:

  • Genetik
baca juga  Manfaat Hebat Puasa Menyehatkan Otak

Jika Anda mengalami menstruasi sedikit, coba tanyakan kepada ibu atau saudara perempuan Anda apakah mereka juga mengalaminya. Karena kemungkinan hypomenorrheadisebabkan oleh faktor keturunan.

  • Faktor usia

Menstruasi sedikit, normal terjadi pada remaja yang baru saja mengalami pubertas, dan wanita yang akan memasuki masa menopause. Hypomenorrhea yang terjadi pada kedua kondisi tersebut disebabkan adanya ketidakseimbangan kadar hormon yang berperan dalam siklus menstruasi.

  • Gaya hidup

Stres, penurunan atau kenaikan berat badan yang drastis, merokok, serta olahraga berlebihan bisa membuat hormon tidak seimbang dan menyebabkan menstruasi Anda tidak seperti biasanya.

  • Penggunaan alat kontrasepsi

Jika Anda memakai alat kontrasepsi, khususnya kontrasepsi hormonal seperti pil KB, suntik KB, atau susuk KB, Anda mungkin mengalami menstruasi dengan volume darah sedikit dan waktu yang lebih singkat. Ini terjadi karena KB hormonal mencegah tubuh melepaskan sel telur dan dinding rahim tidak menebal. Kondisi ini umum terjadi, terutama jika Anda baru pertama kali menggunakannya.

  • Seputar kehamilan

Jika Anda sedang menjalani program untuk hamil, Anda boleh merasa senang karena bisa jadi perdarahan sedikit ini adalah tanda kehamilan. Segera tes kehamilan memakai test packatau kunjungi dokter. Namun, kondisi ini juga bisa menjadi tanda bahaya pada ibu hamil. Keluar darah dalam jumlah sedikit disertai kram perut saat hamil bisa merupakan tanda awal keguguran.

  • Sindrom ovarium polikistik (PCOS)

Kondisi ini terjadi ketika ovarium ditumbuhi oleh kista-kista dalam ukuran sangat kecil. Penderita PCOS dapat mengalami menstruasi sedikit karena proses ovulasi mengalami gangguan.

  • Asherman’s syndrome

Kondisi ini ditandai dengan dinding bagian dalam rahim (endometrium) meradang dan membentuk jaringan parut, sehingga mengurangi volume rongga rahim. Selain menstruasi sedikit, gangguan ginekologis ini dapat ditandai pula dengan munculnya gejala kram dan nyeri perut, serta infertilitas.

baca juga  Pemeriksaan Treadmill

Cara Mengatasinya

Menstruasi sedikit yang disebabkan oleh pubertas, menopause, dan kehamilan, tidak memerlukan pengobatan khusus. Jika gaya hidup yang menjadi penyebabnya, disarankan untuk mengubah pola hidup Anda, misalnya dengan menghindari stres, olahraga secara wajar, dan atur asupan makanan dengan bijak.

Menstruasi sedikit akibat pil KB bisa diatasi dengan mengganti ke jenis alat kontrasepsi lain, seperti kondom atau implan. Konsultasi langsung kedokter mengenai alat kontrasepsi apa yang cocok dengan Anda beserta efek sampingnya. Jika Anda memiliki kondisi kesehatan seperti PCOS, gangguan tiroid, atau Asherman’s syndrome, Anda bisa mengonsultasikannya ke dokter guna mendapat penanganan yang tepat.