Trik Jitu Mengatasi Telinga Bindeng Saat Flu

Penyebab Telinga Bindeng Saat Flu dan 5 Trik Jitu untuk Mengatasinya

Pernah merasakan telinga bindeng saat Anda kena flu? Ini tentu mengusik kenyamanan Anda. Anda jadi kesulitan mendengar suara di sekeliling Anda. Padahal, Anda mungkin sudah cukup merasa terganggu dengan gejala flu lainnya yaitu pilek atau bersin-bersin. Jadi, bagaimana flu bisa menyebabkan telinga bindeng? Apakah hal ini bisa diatasi? Simak penjelasan berikut ini.

Flu bisa menjadi penyebab telinga bindeng

Normalnya, lendir dibuat oleh sel-sel membran yang mengalir dari hidung ke paru-paru untuk menjaga kelembapan dan menyaring kotoran saat menarik napas. Namun, saat flu, terjadi perubahan pada lendir tersebut. Virus influenza menginfeksi telinga dan bisa menyebabkan penumpukan cairan, lendir, dan tekanan di dalam telinga.

Cairan dan lendir yang berlebih tersebut menyumbat tabung eustachius yang menghubungkan telinga tengah dengan tenggorokan. Cairan dan lendir yang seharusnya mengalir ke tenggorokan malah terjebak di telinga tengah dan menyumbat telinga.

Telinga bindeng akibat flu kadang tidak menyakitkan, tapi bisa mengganggu pendengaran Anda. Suara di sekitar Anda sulit ditangkap karena terhalang oleh cairan dan lendir. Kemudian saat Anda berbicara, Anda seakan mendengar suara Anda sendiri lebih keras. Penyumbatan tersebut kadang memengaruhi keseimbangan Anda, sebab pada telinga yang terinfeksi tekanan udara tidak sama dengan telinga yang tidak terinfeksi. Ini dipengaruhi oleh buka-tutupnya tabung eustachian yang tidak normal akibat cairan dan lendir yang menumpuk.

Bagaimana cara mengatasi telinga bindeng karena flu?

Telinga bindeng sebenarnya akan sembuh seiring dengan pemulihan tubuh terhadap flu. Namun, proses pemulihannya cukup lama dan bukan berarti Anda lantas tidak mengobatinya. Cairan dan lendir yang menumpuk di telinga tengah dapat memicu bakteri atau virus masuk ke telinga tengah menyebabkan infeksi telinga. Segera periksakan kondisi Anda terlebih dulu untuk mengetahui penyebab telinga bindeng dan mendapatkan pengobatan yang tepat.

baca juga  Kenali Pembengkakan Otak

telinga bindeng

Beberapa cara yang bisa membantu memberikan kelegaan dari telinga bindeng, seperti:

1. Gunakan manuver Valsava

Trik sederhana ini membantu membuka tabung eustachian Anda yang tersumbat. Untuk melakukan manuver ini, tarik napas dalam-dalam dari hidung Anda. Dengan mulut tertutup, cobalah untuk mengembuskan kembali napas dengan lembut melalui hidung Anda.

Biasanya tindakan ini akan menciptakan tekanan yang cukup besar untuk membuka tabung eustachian. Jangan meniup terlalu keras untuk menghindari kerusakan gendang telinga.

2. Menghirup uap panas

Untuk menciptakan tekanan dan membuat tabung eustachian Anda terbuka, siapkan air panas di sebuah wadah. Uap dari air panas tersebut bila Anda hirup akan membantu melonggarkan lendir dan cairan pada telinga. Pilihan lain, Anda dapat meletakkan handuk hangat di sekitar telinga Anda. Menghirup segelas air hangat juga mampu meringankan telinga bindeng.

3. Memasukkan jari ke telinga

Saat melakukan ini, tidak membutuhkan teknik khusus. Anda hanya perlu memasukkan jari telunjuk ke dalam telinga dan gerakan jari ke atas dan ke bawah. Ini membuat area telinga menjadi sedikit longgar dan udara dapat masuk memberikan tekanan pada tabung eustachian untuk terbuka.

4. Menggunakan pengering rambut

Pengering rambut atau hairdryer dengan setelan panas yang rendah bisa Anda arahkan beberapa sentimeter ke telinga. Ini bisa membantu mempercepat cairan dan lendir pada telinga untuk mengering.

5. Minum obat flu

Obat yang mengandung dekongestan atau antihistamin mampu dapat mengobati telinga tersumbat akibat sinus, flu, atau alergi. Pastikan untuk membaca dan mengikuti aturan pakai pada label obat.

Jika bermanfaat. Silakan Share :