Ternyata Sup Herbal Ini Ampuh Membasmi Asam Urat Hingga Keakar

Read Time:2 Minute, 57 Second

Biasanya, asam urat menyerang orang berusia lanjut. Ditandai dengan nyeri sendi, rematik, dan sakit pinggang. Asal tidak berbahaya, tetapi jika dibiarkan, akan berbahaya bagi tubuh.

Kini ada banyak obat yang sengaja diracik untuk mengobati penyakit asam urat baik berupa obat kimia ataupun obat herbal.

Berikut obat herbal yang dapat mengobati asam urat seperti dilansir dari Top 10 Home Remedies,

1. Cuka Sari Apel

Keasaman cuka sari apel mampu meredakan rasa sakit asam urat. Cara penggunaannya, campur satu sendok teh cuka sari apel dengan segelas air. Dosis yang disarankan adalah 2 hingga 3 kali sehari.

2. Jahe dan Kunyit

Jahe sangat cocok untuk pengobatan asam urat. Cara menggunakannya, campur bubuk jahe kering dan bubuk kunyit satu sendok teh, dengan air hangat. Minumlah dua kali sehari.

3. Baking Soda

Baking soda dapat mengurangi jumlah asam urat untuk  rasa sakit. Campurkan setengah sendok teh baking soda dalam segelas air lalu minum 4 kali sehari. Namun, jika Anda berusia 60 tahun atau lebih, dosis yang disarankan tidak boleh melebihi tiga kali sehari.

4. Lemon Jus

Jus lemon bermanfaat menetralisir kelebihan asam urat dalam darah. Lemon jus  dapat dicampurkan dengan baking soda. Caranya, campurkan jus lemon dengan setengah sendok teh baking soda Tunggu sampai buih soda menghilang lalu segera minum.

5. Arang Aktif

Arang aktif dapat menyerap asam urat. Cara menggunakannya adalah campurkan setengah cangkir bubuk arang dengan air dalam bak mandi. Rendam bagian tubuh anda yang sakit setidaknya setengah jam, kemudian bilas dengan air bersih.

Selain ke-5 obat herbal tersebut, cara untuk mengobati asam urat adalah dengan makan banyak buah, seperti perawatan di rumah dengan memanfaatkan pepaya yang dikenal sebagai buah penyembuh asam urat.

baca juga  Tinnitus

Lho,,,Seperti yang kita ketahui, buah pepaya bisa kita jadikan sebagai alternatif penyembuhan penyakit asam urat (gout). Asam urat merupakan jenis penyakit yang saat ini banyak diderita oleh masyarakat. Pada kasus ini pengobatan sangat penting untuk dilakukan sedini mungkin. Hal tersebut bertujuan untuk menghindari berbagai komplikasi asam urat yang cukup mematikan.

Cara Mengobati Asam Urat dengan Buah Pepaya

Pepaya atau yang sering disebut dengan gedang oleh masyarakat sunda merupakan buah dengan rasa manis dan biji hitam kecil. Jika belum matang, kulit buah ini berwarna hijau dan jika sudah matang kulitnya berwarna kekuningan.

Pepaya sudah dikenal sebagai buah yang kaya akan manfaat. Salah satu manfaatnya mengobati penyakit asam urat. Karena pepaya mengandung zat  antiinflamasi atau antiradang. Sifat tersebut menjadikan buah pepaya mampu mencegah peradangan akibat asam urat. Berikut cara membuat obat asam urat dari buah pepaya.

Cara membuat obat herbal asam urat dari buah pepaya

Bahan-bahan :

Siapkan setengah buah pepaya muda,
Bubuk teh,
Dan buah kelapa muda.
Cara mengolah :

  • Langkah pertama, bersihkan buah pepaya dari biji-bijinya, jangan buang kulit buahnya,
  • Iris buah pepaya menjadi potongan-potongan kecil kemudian masukan ke dalam wadah,
  • Lalu rebuslah air sekitar 800ml sampai mendidih,
  • Kurangi api kompor setelah mendidih dan tambahkan buah pepaya yang sudah dipotong tadi,
  • Rebus selama kurang lebih 3 menit,
  • Tambahkan 1 sdm bubuk teh,
  • Biarkan selama 30 menit lalu saring airnya,
  • Terakhir campurkan ramuan dengan air kelapa muda yang sudah disiapkan.
  • Usahakan ramuan buah pepaya yang Anda buat di atas dihabiskan dalam satu hari. Jangan Anda masukkan ke dalam kulkas atau lemari pendingin.

Perlu diingat bahwa buah pepaya tidak dianjurkan untuk wanita hamil, terutama di awal kehamilan. Sebab, pepaya memiliki efek menggugurkan kandungan serta bisa melemahkan selaput penting yang memengaruhi kelangsungan hidup janin.

baca juga  Tes Hepatitis B

Pertimbangkan peralatan memasak. Dianjurkan menggunakan peralatan masak terbuat dari tanah seperti periuk. Untuk menjaga kandungan bahan aktif dalam buah pepaya. Bila menggunakan peralatan aluminium, dikhawatirkan reaksi kimia dari logam yang dipanaskan yang dapat merugikan tubuh kita.

0 0
Happy
Happy
%
Sad
Sad
%
Excited
Excited
%
Sleppy
Sleppy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
%
Jika bermanfaat. Silakan Share :

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *