1. Sering buang air buang air kecil disertai nyeri

Jangan anggap sepele saat frekuensi buang air kecil meningkat disertai rasa nyeri. Menurut Staci Leisman, M.D, ahli penyakit dalam dan nefrologi di Mount Sinai Hospital, gejala ini bisa diakibatkan infeksi bakteri pada kandung kemih sudah naik ke ginjal.

lihat juga : MEMBANTU MENYEMBUHKAN GINJAL

Akibatnya terjadi peradangan di saluran uretra. Dan ketika saluran tersebut kena urine akan menyebabkan rasa nyeri dan sensasi terbakar ketika buang air kecil.

2. Demam

Setiap kali terjadi infeksi, maka sistem kekebalan tubuh berusaha melawan bakteri penyebab infeksi. Hal ini akan membuat suhu tubuh meningkat dan timbul demam.

3. Nyeri punggung

Organ ginjal terletak di dekat punggung. Karena itulah ketika ginjal mengalami infeksi dan terjadi pembengkakan, maka punggung pun akan terasa sakit atau nyeri.

4. Mual dan muntah

Selain menimbulkan demam, salah satu gejala ketika sistem kekebalan tubuh sedang melawan infeksi adalah mual dan muntah. Karena itu perlu waspada jika mengalami gejala ini disertai gejala lain yang mengindikasikan infeksi ginjal.

5. Ada nanah dan darah pada urine

Kencing berdarah selalu menandakan ada yang tidak beres pada tubuh. Salah satunya kemungkinan terjadi infeksi ginjal. Peradangan pada uretra bisa menyebabkan adanya darah pada urine.

Menurut Nicole Ali, MD, ahli saraf dari NYU Langone Health di New York, untuk kasus infeksi ginjal yang sudah parah bisa ditemukan adanya nanah pada urine. Nanah ini merupakan tumpukan sel darah putih dan bakteri yang kemudian terbawa keluar bersama urine.

baca juga  8 Tips Diet Sehat Untuk Ibu Menyusui

6. Urine berwarna keruh dan berbau

Infeksi ginjal bisa menyebabkan bercak pada urine sehingga keruh. Hal ini terjadi akibat peningkatan sel darah putih untuk melawan bakteri penyebab infeksi. Sementara bau pada urine disebabkan hasil fermentasi bakteri.

Untuk membedakan kondisi urine diatas akibat infeksi ginjal atau hanya sekedar dehidrasi, coba minum air putih yang banyak. Kalau setelah minum air putih yang banyak ternyata urine masih saja keruh dan berbau, segera periksa ke dokter karena bisa jadi tanda infeksi ginjal.

Itulah beberapa tanda infeksi ginjal pada wanita. Meskipun yang dibahas wanita, bukan berarti pria harus malu buat baca.