Hati-Hati, Begadang Bisa Sebabkan Jantung Berdebar

Hati-Hati, Begadang Bisa Sebabkan Jantung Berdebar

Selain dapat menyebabkan kelelahan dan kurang konsentrasi, begadang juga bisa sebabkan jantung berdebar! Hal ini tentunya akan sangat merugikan diri Anda. Simak selengkapnya berikut ini.

Hati-Hati, Begadang Bisa Sebabkan Jantung Berdebar

Tidur merupakan salah satu aktivitas rutin yang wajib dilakukan untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran. Karena dengan tidur, maka seluruh organ tubuh akan beristirahat dan melakukan regenerasi sehingga keesokan hari tubuh akan kembali segar, bugar dan siap melakukan aktivitas secara normal.

Belakangan ini masyarakat sedang diramaikan dengan pergelaran sepak bola terbesar di Benua Eropa. Seluruh negara terbaik bersaing untuk menjadi juara sepak bola di benua tersebut. Perbedaan waktu antara Indonesia dengan Eropa membuat pertandingan yang berlangsung siang hari waktu setempat ditayangkan pada tengah malam waktu Indonesia. Tentu saja, keadaan ini memaksa para pecinta sepak bola untuk terbangun pada malam hari atau sengaja tidak tidur demi menyaksikan tim kesayangannya.

Namun, sadarkah Anda bahwa keesokan harinya Anda harus kembali melakukan rutinitas seperti bekerja, belajar dan aktivitas lainnya? Tentu saja begadang semalam dapat mengganggu rutinitas Anda esok hari. Rasa kantuk dapat menyebabkan berbagai masalah dalam beraktivitas, seperti kurang konsentrasi dalam beraktivitas hingga meningkatkan risiko terjadinya kecelakaan saat berkendara. Selain itu, begadang juga dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan jantung dan pembuluh darah, misalnya jantung berdebar.

Begadang dan jantung berdebar

Waktu tidur orang normal menurut para ahli adalah 6-8 jam setiap harinya. Kurang waktu tidur dapat menyebabkan gangguan kesehatan, seperti jantung berdebar. Jantung berdebar atau takikardia merupakan denyut jantung yang lebih cepat daripada normal. Pada orang normal, denyut jantung dalam keadaan istirahat berkisar antara 60 sampai 100 kali per menit. Secara fisiolagis, denyut jantung yang meningkat berfungsi untuk memenuhi kebutuhan organ yang membutuhkan oksigen lebih banyak. Keadaan jantung berbedar ini biasanya terjadi pada beberapa keadaan, misalnya dehidrasi, aktivitas fisik meningkat, kurang tidur, serta beberapa penyakit seperti gangguan jantung dan hipertensi.

baca juga  Obat Ini Bisa Meningkatkan Risiko Stroke Dan Serangan Jantung

Penyebab jantung berbedar setelah begadang

Pada orang yang kekurangan waktu tidur, waktu istirahat seluruh organ juga akan berkurang. Hal ini mengakibatkan organ menjadi kelelahan, misalnya otak. Otak merupakan organ yang sangat penting dalam membantu kita melaksanakan berbagai aktivitas sehari-hari. Seluruh kerja bagian tubuh dikendalikan oleh otak. Dalam keadaan normal, otak adalah organ terbesar yang menggunakan persediaan oksigen, yakni sekitar 20% jumlah oksigen tubuh digunakan untuk memenuhi kebutuhan otak.

Setelah begadang, otak akan membutuhkan oksigen lebih banyak untuk bekerja normal. Untuk itu, demi memenuhi  kebutuhan oksigen di otak dan organ-organ lain yang kelelahan, jantung akan bekerja lebih keras dari biasanya. Organ-organ akan memberi sinyal kelelahan karena memerlukan oksigen lebih untuk bekerja. Dengan demikian, jantung akan memompa darah lebih banyak untuk memenuhi kebutuhan oksigen seluruh bagian tubuh. Hal ini mengakibatkan denyut jantung akan meningkat dan menyebabkan penderitanya mengalami rasa tidak nyaman berupa dada berdebar.

Selain itu, masih terdapat beberapa masalah kesehatan yang dapat diakibatkan karena terlalu sering begadang, di antaranya:

  • Alzheimer
  • Penyakit jantung dan hipertensi
  • Hepatitis
  • Obesitas
  • Diabetes mellitus
  • Gangguan mood
  • Depresi

Seperti yang telah dijelaskan, begadang mampu meningkatkan angka kecelakaan di jalan raya, sehingga angka kematian dan kecacatan akibat kecelakaan akan semakin tinggi.

Untuk itu, ada baiknya mulai saat ini Anda lebih bijak dalam mengatur pola tidur. Selain untuk kepentingan pekerjaan, ataupun akibat harus melakukan suatu aktivitas penting, sebaiknya Anda menghindari kebiasaan begadang. Tidur yang berkualitas akan membantu Anda tetap sehat, mampu beraktivitas secara maksimal, optimal dan mampu meraih berbagai prestasi.

Jika bermanfaat. Silakan Share :