Lumpuh Otak

Lumpuh Otak

Pengertian Lumpuh Otak

Lumpuh otak atau dikenal dengan cerebral palsy (CP) merupakan suatu kondisi terdapat kerusakan jaringan otak yang irreversible dan tidak progresif. Terjadi sejak dilahirkan dan terjadi gangguan dalam perkembangan otak. Lumpuh otak pada dasarnya adalah gangguan terhadap pergerakan dan postur tubuh.

 

Gejala Lumpuh Otak

Ada beberapa gejala lumpuh otak yang wajib diwaspadai, yaitu sebagai berikut.

  • Terdapat riwayat keterlambatan perkembangan motorik kasar pada tahun pertama kehidupan.
  • Tonus otot abnormal: Gejala yang sering muncul, seperti  hipotonik atau, lebih umum, hipertonik.
  • Hemiplegia.
  • Kegagalan merangkak asimetris
  • Gangguan pertumbuhan, terutama kegagalan untuk berkembang.
  • Peningkatan refleks: Menunjukkan adanya lesi neuron motorik atas.
  • Keterbelakangan atau ketiadaan refleks postural atau protektif.

 

Penyebab dan Faktor Risiko

Lebih dari 50% penyebab lumpuh otak belum dapat dipastikan, namun kemungkinan besar hal ini terjadi akibat pengaruh dari cedera pada otak yang terjadi sebelum perkembangan otak sempurna karena perkembangan otak berlangsung selama dua tahun pertama.

Lumpuh otak dapat disebabkan oleh cedera otak yang terjadi selama periode prenatal, perinatal, dan postnatal. Penyebab lain seperti infeksi dan kondisi hipoksia selama proses kehamilan dapat meningkatkan risiko terjadinya lumpuh otak.

 

Diagnosis Lumpuh Otak

Diagnosis lumpuh otak dilakukan berdasarkan gejala klinis, pola dari perkembangan, riwayat keluarga, dan faktor-faktor lain serta observasi dari keterlambatan perkembangan motorik, kelainan tonus otot, dan postur tubuh yang tidak biasa adalah penanda penting dalam mendiagnosis lumpuh otak. Selain itu, juga dibutuhkan beberapa pemeriksaan khusus, seperti pemeriksaan pendengaran, penglihatan, pungsi lumbal, EEG, CT-scan kepala, dan psikologis pasien.

 

Penanganan Lumpuh Otak

Manajemen pasien dengan lumpuh otak bersifat individual dan berdasarkan gejala klinis masing-masing individu dan membutuhkan pendekatan multidisiplin. Rehabilitasi merupakan salah satu intervensi komprehensif yang dirancang untuk membantu adaptasi dan partisipasi dengan tujuan peningkatan kualitas hidup penderita.

baca juga  Lower Esophageal Spichter

 

Ahli saraf dan spesialis pengobatan rehabilitasi (physiatrists) memainkan peran penting dalam pengelolaan obat antispasticity. Tanggung jawab dokter adalah untuk mengawasi secara ketat dan mengelola berbagai komplikasi medis yang terkait dengan lumpuh otak.

 

Pencegahan Lumpuh Otak

Pencegahan dapat dilakukan dengan pemberian vaksin sejak dini sebelum program hamil serta pengecekan antenatal yang rutin.

Jika bermanfaat. Silakan Share :