Manfaat Kesehatan Daun Sirih Hijau

Manfaat Kesehatan Daun Sirih Hijau

Meskipun tidak mengandung flavonoid seperti sirih merah, manfaat daun sirih hijau  tak dapat diremehkan.

Ingin tahu apa saja manfaat daun sirih hijau? Berikut beberapa khasiat sirih hijau untuk kesehatan,

Menyembuhkan luka
Manfaat daun sirih hijau yang utama adalah mempercepat penyembuhan luka. Antioksidan dalam daun sirih hijau mampu menyembuhkan stres oksidatif sehingga luka lebih cepat. Kompres luka dengan daun sirih yang dihancurkan, lalu balut dengan perban.

Mengobati nyeri
Chavicol daun sirih sangat tinggi, berfungsi sebagai zat anti inflamasi. Meminum air rebusannya akan menghilangkan nyeri dalam tubuh. Mengobati gangguan pencernaan. Membantu penyerapan mineral dan nutrisi. Meskipun mengurapi perut dengan minyak daun sirih bermanfaat untuk memperlancar pencernaan.

Menurunkan berat badan
Konsumsi daun sirih bermanfaat memperbaiki sistem metabolisme, meningkatkan sekresi pencernaan, serta menghilangkan kelebihan air dan racun dalam tubuh. Semuanya penting dalam upaya penurunan berat badan.

Mengobati sakit tenggorokan
Sifat anti bakteri dan anti-inflamasi daun sirih menjadikannya obat alami untuk demam dan sakit tenggorokan.

Mengobati disfungsi ereksi pada pria
Sirih bisa memperluas pembuluh darah di organ vital serta bermanfaat sebagai anti depresan.

Melawan kanker
Belum banyak diketahui sebagai obat anti-kanker. Mengunyah daun sirih mampu mencegah dan mengatasi kanker sumsum tulang dan meningkatkan harapan pemulihan pasien leukemia myeloid kronis. Dikonfirmasi dalam penelitian Indian Institute of Chemical Biology (IICB), Institute of Haematology and Transfusion Medicine, Kolkata, dan Piramal Life Sciences, Mumbai.

Mengatasi gatal
Alergi atau masalah kulit bisa diobati dengan mandi air sirih. Rendam sirih hijau dalam ember air panas, lalu tunggu sampai airnya menghangat dan gunakan untuk mandi.

Mengatasi luka bakar
Menurut Beauty Health Tips, daun sirih bisa digunakan untuk luka bakar ringan. Cuci bersih sirih, lalu remas. Tambahkan sedikit madu organik dan tempelkan pada area kulit yang luka.

baca juga  Mulut dan Gigi

Mencegah bau badan
Minyak esensial di dalam sirih akan menghilangkan bau badan yang tak sedap. Hal yang sama sifat anti-bakterinya. Itulah beragam manfaat daun sirih hijau untuk kesehatan tubuh dan kulit.

Manfaat daun sirih untuk mata


Apa manfaat daun sirih pada mata? Sirih merah dan hijau bisa digunakan untuk mengobati mata merah sebab iritasi berkat sifat anti-bakteri dan anti-inflamasi di dalamnya.

Rebus 20 lembar daun sirih merah atau hijau dan basuhkan airnya yang sudah disaring untuk mencuci mata selama 10 menit.

Manfaat daun sirih untuk menghilangkan jerawat wajah

Manfaat daun sirih paling dikenal adalah efektivitasnya dalam melawan penyakit dan masalah seputar kulit, terutama jerawat. Sifat anti-septik dan anti-bakteri daun sirih merah dan sirih hijau efektif dalam pengobatan jerawat di wajah, dada, atau punggung.


Gunakan handuk bersih, rendam dalam air hangat yang sudah dicampur sirih tumbuk. Gunakan untuk mengusap wajah yang sudah dibersihkan dari makeup.

Lakukan pencucian wajah ini setidaknya dua kali sehari setelah mandi dan sebelum tidur.

Untuk jerawat di dada atau punggung, Anda bisa menggunakan air rebusan sirih yang masih hangat untuk mandi.

Itulah manfaat daun sirih bagi kecantikan kulit wajah dan tubuh.

Manfaat daun sirih untuk Miss V

Kesehatan organ kewanitaan juga disebut Miss V tentunya sangat penting bagi semua perempuan. Anda bisa memanfaatkan daun sirih untuk merawat organ intim ini.

Dilaporkan StyleCraze, manfaat daun sirih hijau sebagai antiseptik yang membunuh bakteri Candida penyebab leukorrhea atau keputihan

Jika bermanfaat. Silakan Share :