Tau Tanaman Herbal Ginseng Jawa? Segudang Khasiat Ajaibnya!

Tau Tanaman Herbal Ginseng Jawa? Segudang Khasiat Ajaibnya!

Sedikit cerita dari pohon ginseng yang saya tanam di pot / tepatnya di bekas gelas jus yang sertakan di foto artikel ini. Pohon ginseng ini atau di sebut dengan ginseng jawa/som jawa tumbuh sendiri pada tanaman jeruk sambel yang saya tanam, ntah dari mana asalnya tumbuh subur berdampingan dengan pohon jeruk yang saya tanam yang umur pohon jeruknya baru 2 bulan. karena saya tak tahu, saya foto dan coba tanyakan di group facebook untuk memastikan itu tanaman atau pohon apa, alhamdulillah saya mendapatkan jawaban dari member group tanaman tersebut, ternyata itu pohon ginseng jawa, bukan ginseng korea.

Namun ginseng jawa tidak kalah berkhasiat dengan ginseng korea. Di beberapa daerah di Indonesia, Saya yakin banyak dari ptaminsa yang sering melihat tanaman ginseng jawa ini. Ya, ginseng jawa memang termasuk tanaman yang mudah tumbuh sehingga seringkali dianggap tanaman liar. Tapi jangan anggap remeh dulu sebelum ptaminsa tahu khasiat ajaibnya bagi kesehatan!

Ginseng jawa memiliki kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan seperti saponin, flavonoid, steroid, vitamin A, dan banyak lainnya. inilah ragam khasiat dari daun ginseng jawa!

Mengobati bisul

Zat anti inflamasinya dapat mengurangi radang pada bisul. Daunnya juga memiliki zat antibakteri. Untuk menggunakannya tinggal siapkan sedikit daun ginseng jawa dengan sedikit gula merah. Keduanya ditumbuk halus, dan balurkan ke bisul 2 kali sehari.

Melancarkan asi

Beberapa ibu menyusui mengalami masalah asi yang kurang lancar. Makan daun ginseng jawa bisa jadi solusi. Bisa dengan cara menumisnya. Daun ginseng jawa ini aman dikonsumsi serta memiliki rasa yang enak bila dimasak lho.

Meningkatkan nafsu makan

Kehilangan nafsu makan memang tidak menyenangkan. Apalagi kehilangan nafsu makan pasca sakit. Nah, masaklah daun ginseng jawa sebagai sayuranmu. Konsumsilah, niscaya nafsu makan akan segera kembali.

baca juga  Tidur Malam dalam Lampu Menyala, Bikin Wanita Mudah Gemuk

Menjaga kesehatan paru-paru

Kandungan alaminya yang menyehatkan dapat membuat paru-paru kita menjadi tetap sehat dan prima. Jadi ptaminsa bisa mencobanya.

Merangsang daya seksual

Bagi seseorang yang sedang memiliki masalah seputar kehidupan seks memang membuat tidak nyaman. Karena daun ginseng jawa memiliki kandungan zat afrodisiak yang dapat meningkatkan daya seksual secara alami. Maka, daun ginseng jawa ini patut ptaminsa pertimbangkan.

Www.cerpenid.com

Kemudian manfaat lainnya seperti :

  • Mengobati sakit maag
  • Menyehatkan saraf kita
  • Membuat peredaran darah lancar
  • Mencegah diabetes
  • Mencegah penyakit alzheimer

Itu dia khasiat ajaib dari daun ginseng jawa yang patut ptaminsa pertimbangkan. Daun ginseng jawa ini aman dikonsumsi dan di beberapa negara telah dikenal sebagai tanaman herbal yang sangat berkhasiat. Bagi ptaminsa yang belum pernah melihatnya, tanaman ginseng jawa memiliki ciri-ciri memiliki bunga berwarna pink kecil, daun oval dan berair, memiliki umbi ginseng di akarnya, dan memiliki biji bulat dengan isi hitam dan kecil. Demikian artikel ini semoga bermanfaat.

Jika bermanfaat. Silakan Share :