12 Manfaat Melati Untuk Kesehatan Dan Cara Mengolahnya

Berbagai Manfaat Minyak Bunga Melati untuk Kesehatan

Selain menghiasi pekarangan rumah, tingginya bisa mencapai 3 m dan termasuk bisa memanjat pada pagar atau tanaman lain. Bunganya putih bersih, bergaris tengah kira-kira 3 cm dan wangi.

bunga melati ternyata menyimpan banyak manfaat dan kegunaan buat kesehatan tubuh. Terutama jika diolah dan diambil ekstrak minyaknya. Apa saja manfaat minyak bunga melati yang bisa kita dapatkan?

Suku: Oleaceae

Manfaat Melati Untuk Kesehatan Dan Cara Mengolahnya – Melati mengandung jasmon, sejenis keton: metil-pentenil-siklopentenon yang enak baunya. Keton ini juga bersifat menyejukkan sampai mampu menurunkan suhu badan yang sedang demam. Selain itu, menenangkan urat saraf bila dipakai untuk mengurut. Ia juga memiliki kandungan kimia indol, benzyl, livalylacetaat.
 

Khasiat Melati Untuk Kesehatan Dan Cara Pengolahannya

1. Meredakan kecemasan

Sudah banyak penelitian yang melaporkan menghirup aroma minyak bunga melati bermanfaat untuk membantu memperbaiki mood dan membuat tidur lebih nyenyak.

Selain itu, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Natural Product Communications menemukan bahwa mengoleskan minyak bunga melati pada kulit dapat meredakan kecemasan dan stres sehari-hari, yang membuat pikiran menjadi lebih rileks.

2. Meredakan nyeri PMS

Pijat perut dengan minyak bunga melati selama sedang haid terbukti dapat mengurangi keparahan kram perut gejala PMS. Menghirup aromanya juga dapat menyembuhkan sakit kepala, mengurangi kegelisahan, membantu tidur lebih nyenyak, dan menekan pertumbuhan jerawat hormon selama masa PMS.

4. Meningkatkan konsentrasi

 

Ternyata, peningkatan fokus dan konsentrasi berpikir jernih bisa menjadi salah satu manfaat minyak bunga melati juga. Caranya cukup dengan menghirup aroma wanginya yang menenangkan.

Minyak melati mengandung berbagai senyawa aktif yang dapat mengatur kembali detak jantung, suhu tubuh, dan aktivitas otak yang diperlukan untuk berkonsentrasi tinggi.

baca juga  Siklus Haid Acak-acakan? Cara Mengembalikan Jadwal Semula

5. Menjaga kesehatan kulit

 

Sebuah karya ilmiah berjudul “Commercial Essential Oils as Potential Antimicrobials to Treat Skin Diseases” secara spesifik membahas tentang manfaat minyak bunga melati untuk kulit.

Mereka menemukanbahwa zat-zat aktif dalam bunga melati dapat membantu regenerasi sel kulit sehat, melembapkan kulit kering, melawan gejala penuaan, dan mengurangi peradangan akibat psoriasis.

 

6. Menghilangkan Bau Badan:

30 kuntum bunga melati, cuci, masukkan ke dalam gelas berisi air matang, tutup dengan plastik yang dilubangi kecil-kecil, embunkan selama semalam. Minum setiap pagi selama 5 hari berturut-turut.
/

7. Menyembuhkan Demam Dan Sakit Kepala:

Segenggam daun melati muda, 10 bunga melati dicuci, diremas, diberi sedikit air sampai menjadi bubur. Borehkan pada kening dan dada penderita.
/

8.Menyembuhkan Bengkak Akibat Gigitan Serangga:

Segenggam bunga melati atau daunnya dicuci, diremas sampai hancur. Tempelkan pada bagian yang digigit atau disengat.
/

9. Menyembuhkan Jerawat:

20 kuntum melati, 2 jari asam kawak, seibu jari belerang dicuci, ditumbuk halus. Peras. Beri 2 sendok makan air jeruk nipis. Gosokkan pada bagian wajah yang berjerawat 2x sehari.
/

10. Menghentikan ASI:

Segenggam bunga melati dicuci, diremas sampai halus. Lalu ditapalkan oada buah dada (jangan kena puting). Lakukan ini setiap pagi dan sore sebelum mandi selama seminggu.
/

11. Menyembuhkan Susah Tidur:

10 cm akar melati dicuci, ditumbuk. Beri air masak segelas. Saring. Minum airnya.
/

12. Menyembuhkan Sakit Mata Merah Dan Belekan:

Segenggam daun boleh juga bunga melati dicuci, direbus. Minum sebagian air rebusan. Sebagian lagi gunakan untuk mencuci mata yang sakit.

Bagaimana cara menggunakan minyak bunga melati?

Ada beberapa cara untuk pakai minyak bunga melati:

  • Cara yang paling umum adalah dengan menghirup aroma minyak bunga melati.
  • Anda juga bisa langsung mengoleskan minyak melati ke kulit. Pastikan Anda tidak memiliki alergi terhadap minyak tersebut terlebih dahulu.
  • Anda bisa menggunakan minyak ini di rumah dengan dicampur lotion lain seperti minyak kelapa, pelembab tubuh, atau minyak esensial lain.
  • Gunakan juga 3- 4 tetes minyak melati ke dalam minyak pijat buatan sendiri, lulur tubuh, atau sabun untuk hadirkan aroma rileks.
baca juga  Menghidrasi Sampai Cegah Kanker, Manfaat Infused Water Mentimun

Demikianlah artikel 12 Manfaat Melati Untuk Kesehatan Dan Cara Mengolahnya Terima kasih telah meluangkan waktu Anda untuk membaca Semoga bermanfaat bagi Anda semua. Dan bagikanlahpada orang lain agar lebih bermanfaat.

Jika bermanfaat. Silakan Share :