Mata kedutan adalah kondisi saat mata mulai melakukan gerakan tak terkendali selayaknya kejang. Biasanya, mata kedutan dirasakan pada kedua kelopak mata atas ataupun bawah, dan sulit untuk dikendalikan. Lalu, bagaimana jika mata sering kedutan saat hamil? Apakah itu adalah pertanda sesuatu?

Mata sering kedutan saat hamil adalah kondisi yang umum dialami oleh ibu hamil. Namun, mata kedutan biasanya timbul saat mata terpapar cahaya secara tiba-tiba. Tanda-tanda dari mata kedutan ialah sering berkedip, mata terasa terlalu kering, dan adanya pergerakan otot di sekitar mata tanpa disadari.

 

Mata Sering Kedutan saat Hamil, Apa Penyebabnya?

Ada berbagai hal yang bisa menyebabkan mata sering kedutan saat hamil, terutama di trimester pertama. Berikut beberapa penyebab mata kedutan saat hamil yang perlu Mums ketahui!

 

1. Mata Kering

Mata kering adalah salah satu penyebab atau alasan umum mata kedutan selama hamil. Mata kering bisa disebabkan oleh banyak hal, seperti terlalu lamamenatap layar komputer atau perangkat elektronik lainnya, hingga bisa juga karena komposisi air mata yang tidak seimbang.

Untuk memastikan mata tidak kering akibat terlalu lama menatap layar terus-menerus, sebaiknya Mums tidak terlalu lama menatap layar perangkat elektronik dan beristirahat pendek selama 10-15 menit. Namun jika komposisi air mata tidak seimbang, Mums bisa menggunakan obat tetes mata.

 

2. Iritasi dan Mata Terasa Tegang

Mata yang terasa tegang umumnya dialami juga saat Mums menatap layar perangkat elektronik terlalu lama tanpa istirahat serta ketika berjalan di bawah sinar matahari tanpa menggunakan kacamata hitam. Selain itu, iritasi pada mata yang disebabkan oleh benda asing juga dapat membuat mata kedutan dan berair.

baca juga  Tips Jurus Terkena Serangan King Cobra, Agar Kamu Selamat!

 

Pastikan Mums menggunakan kacamata yang memberikan perlindungan khusus terhadap sinar matahari. Mums bisa menempelkan irisan mentimun pada mata agar lebih rileks serta memberikan efek tenang dan sejuk. Jika ada benda atau sesuatu yang masuk ke mata, basuh mata dengan air hangat.

 

3. Stres

Salah satu penyebab paling umum mata kedutan adalah stres. Stres dapat memengaruhi sistem saraf yang nantinya akan memicu kedutan. Oleh karena itu, sebaiknya ibu hamil tidak stres untuk mencegah kedutan pada mata.

 

Saat stres, cobalah melakukan aktivitas lain yang membuat Mums senang, seperti mendengarkan musik, tidur yang cukup, hingga melakukan meditasi. Tidak hanya melakukan aktivitas tersebut, Mums boleh melakukan kegiatan lain untuk mencegah atau mengatasi stres.

 

 

4. Menggesekkan Gigi saat Tidur

Tanpa disadari, Mums mungkin pernah menggesek-gesekkan gigi atau melakukan gerakan seperti mengunyah saat tidur. Hal inilah yang menyebabkan banyak tekanan pada otot wajah, sehingga daerah sekitar mata ikut bergerak seperti sedang kedutan. Segeralah konsultasikan kepada dokter jika Mums mengalami kondisi ini.

 

5. Merasa Kelelahan atau Kurang Tidur

Tidak cukup tidur selama kehamilan adalah kondisi yang umum dialami oleh ibu hamil. Kelelahan dan kurang tidur tidak hanya dapat menyebabkan mata kedutan, tetapi juga masalah lain, seperti migrain dan mengurangi tingkat konsentrasi. Pastikan Mums mendapatkan tidur cukup untuk mencegah mata kedutan.

 

6. Kekurangan Vitamin dan Mineral

Mengonsumsi vitamin dan mineral adalah salah satu cara untuk menjaga tubuh tetap bebas dari penyakit sekaligus untuk memberikan nutrisi yang dibutuhkan janin dalam kandungan. Ketidakseimbangan magnesium, kalium, atau kalsium dapat menyebabkan mata berkedut.

 

7. Mengonsumsi Kafein

Ada manfaat tertentu dari kafein yang membantu tubuh rileks. Namun, relaksan ini kadang-kadang dapat menyebabkan kedutan pada mata jika dikonsumsi secara berlebihan. Oleh karena itu, gantilah kebiasaan Mums mengonsumsi kafein dengan minum air putih, agar tetap terhidrasi dengan baik.

baca juga  5 Cara Menghilangkan Kantung Mata Alami dengan Cepat

 

8. Mengonsumi Obat-obatan Tertentu

Obat-obatan tertentu yang diminum dapat memiliki efek tertentu, seperti kedutan pada mata selama awal kehamilan. Ini umumnya karena obat tersebut memengaruhi kerja saraf. Oleh karena itu, pastikan obat yang diminum sudah sesuai dengan anjuran dokter.

 

Kedutan pada mata umumnya akan hilang dengan sendirinya. Namun, jika mata sering kedutan saat hamil, berlanjut terus-menerus, dan diikuti oleh gejala demam, segeralah berkonsultasi kepada dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.