Penyebab Mata Kering, dan Solusi Mengobatinya

Read Time:3 Minute, 14 Second

Pengertian Mata Kering

Mata kering (dry eye syndrome) atau disebut juga keratoconjunctivitis sicca, adalah suatu keadaan keringnya permukaan kornea dan konjungtiva.

 

Gejala Mata Kering

Pasien pada umumnya mengeluhkan mata gatal, berpasir, nyeri, silau, dengan atau tanpa penglihatan yang kabur. Mata umumnya mudah merah dan sering mengeluarkan kotoran. Pada mata juga didapatkan sekresi mukus yang berlebihan. Kesulitan menggerakkan kelopak mata, dan adanya erosi kornea. Selain itu, meniskus air mata pada tepi kelopak mata bawah hilang. Edema konjungtiva dapat ditemui serta benang-benang (filamen) melekat di kornea.


affordable health insurance,health insurance plans,health insurance quote,medical insurance,health care insurance,individual health insurance,low cost health insurance,health insurance rates,self employed health insurance,family health insurance

Penyebab dan Faktor Risiko Mata Kering

Mata kering dapat disebabkan oleh beberapa penyakit yang mengganggu komponen lemak air mata seperti blefaritis menahun, distikiasis. Kemudian gangguan kelenjar air mata, seperti sindrom Sjogren, alacrimia kongenital, obat-obat diuretik, atropin, dan faktor usia yang tua.

Selain itu terdapat beberapa faktor lain yang meningkatkan risiko terjadinya mata kering seperti masalah hormonal, penyakit sistemik, obat-obatan, faktor lingkungan (AC, udara panas, polusi), dan pada pasien yang mengalami operasi refraktif mata.

 

Diagnosis Mata Kering

Diagnosis mata kering dapat ditegakkan melalui anamnesis gejala klinis yang lengkap tentang keluhan pasien, usia, pekerjaan, penyakit serta pemakaian obat-obatan yang mungkin dapat menjadi penyebab.

Pemeriksaan klinis segmen anterior mata termasuk kelopak, sistem lakrimal, konjungtiva, epitel kornea, serta tekanan intraokuler. Pemeriksaan khusus lainnya penting dilakukan untuk menilai fungsi air mata secara kualitas maupun kuantitas seperti tes Schirmer, tes zat warna rose Bengal konjungtiva, dan tes film break up time.

5 Cara Alami dan Sederhana Atasi Masalah Mata Kering

5 Cara Alami dan Sederhana Atasi Masalah Mata Kering
Banyak upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah masalah mata kering, di antaranya dengan mengurangi konsumsi gula dan pemanis buatan. 

Kerap dialami oleh hampir setiap orang, mata kering terjadi saat air mata tak cukup untuk memberi kelembapan pada mata. Gangguan yang juga dikenal dengan istilah kedokteran keratoconjunctivitis sicca ini biasanya ditandai dengan muncul gejala seperti mata tak berair, merah dan meradang.

baca juga  Penyebab Menstruasi Berkepanjangan dan Cara Mengatasinya

Seorang yang tengah menderita mata kering biasanya tak nyaman dengan kondisi mata dan juga sensitif terhadap cahaya. Di Indonesia sendiri tercatat sekitar 2 juta kasus mata kering per tahun.

Namun, mata kering dapat ditasi secara alami. Dirangkum dari sejumlah sumber, berikut merupakan cara yang dapat dilakukan untuk menyembuhkan mata kering.

1. Kompres

Mengompres mata dengan air hangat lalu mencuci kelopak mata dengan lembut saat mata sedang kering dapat memicu kelenjar mata mengeluarkan minyak sehingga meningkatkan produksi air mata.
2. Kurangi gula

Dikutip dari Medical News Today, sebuah penelitian menunjukkan mengurangi konsumsi gula dan pemanis buatan dapat mencegah dari mata kering. Pasalnya, konsumsi gula sangat mempengaruhi produksi air mata. Para penderita diabetes bahkan harus menjaga kadar gula darah agar tak terjadi kerusakan pada mata.

3. Konsumsi airPara ahli menyarankan untuk mengonsumsi air sebanyak 8-10 gelas per hari dan berhenti merokok agar mata kering dapat kembali lembab. Air yang cukup membuat kebutuhan cairan pada tubuh juga terpenuh termasuk untuk mata. Konsumsi omega 3 yang banyak bersal dari aneka ikan juga dapat mengurangi gejala mata kering.

4. Humidifier atau alat menjaga kelembapan ruangan

Pada cuaca dingin, tak ada salahnya menggunakan humidifier atau alat menjaga kelembapan ruangan yang bisa ditempatkan di samping tempat tidur. Humidifier dapat memperbaiki kualitas udara dan mengembalikan kelembapan udara yang kering. Udara yang lembab berpengaruh pada produksi air mata.

5. Kacamata hitam

Menggunakan kaca mata hitam dapat melindungi mata dari udara yang mempengaruhi produksi air mata. Udara atau angin yang berhembus kencang dapat membuat mata kehilangan produksi air. Selain itu angin dari kipas angin dan pengering rambut juga mesti dihindari saat mata sedang kering.

baca juga  Obat Herbal Paru Paru Basah Alami dan Berkhasiat

Pencegahan Mata Kering

Pencegahan dapat dilakukan untuk mengurangi kejadian mata kering seperti:

  1. Menggunakan kaca mata pelindung disaat cuaca berangin.
  2. Hindari asap ataupun polusi udara.
  3. Istirahatkan mata.
  4. Teteskan air mata buatan.

Jika masalah mata kering terus berlanjut, ada baiknya segera menghubungi dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

0 0
Happy
Happy
%
Sad
Sad
%
Excited
Excited
%
Sleppy
Sleppy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
%
Jika bermanfaat. Silakan Share :

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *