Obat Kencing Batu di Apotik

Obat Kencing Batu di Apotik

 Obat Kencing Batu di Apotik

Seiring berkembangnya dunia medis, kini kencing batu bisa diobati menggunakan obat yang tersedia di apotek. Ada beberapa jenis obat yang bisa Anda gunakan untuk mengobati kencing batu.

1. Antibiotik

Antibotik digunakan sebagai pertolongan pertama ketika menyadari adanya gejala batu ginjal. Obat ini juga merupakan obat yang paling mudah dijumpai sehingga Anda bisa menggunakannya jika obat lain yang sesuai kebutuhan belum tersedia.

Perlu Anda pahami bahwa antibiotik ini biasanya digunakan untuk mengobati kencing batu jenis struvit. Meminum antibiotik sesuai dosis akan menghancurkan batu ginjal tersebut.

2. Asam acetohydroxamic (AHA)

Obat jenis ini fungsinya hampir sama dengan antibiotik. Meskipun sama-sama bisa menghancurkan batu ginjal jenis struvit, namun Anda harus tetap mengikuti aturan pakai serta terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter.

3. Alpha channel blockers

Obat kencing batu selanjutnya yang bisa Anda temukan di apotik adalah obat yang masuk dalam golongan obat alpha channel blockers. Diantaranya adalah Tamsulosin, Terazosin serta Doxazosin.

Fungsi obat jenis ini berbeda dengan fungsi obat sebelumnya. Obat dalam golongan ini bisa membantu mengeluarkan batu ginjal dengan ukuran yang lebih besar, yaitu ginjal dengan ukuran 5 hingga 10 milimeter.

4. Allopurinol

Allopurinol merupakan jenis obat yang akan membantu Anda sembuh dari penyakit kencing batu akibat batu ginjal jenis asam urat.

Obat kencing batu ini selain bekerja menghancurkan batu ginjal asam urat juga akan bekerja mengurangi produksi asam urat di seluruh tubuh pasien.

5. Natrium bikarbonat

Obat kencing batu selanjutnya yang bisa diperoleh di apotik ialah obat jenis natrium bikarbonat yang juga biasa disebut dengan natrium sitrat.

Meski sering digunakan untuk mengobati asam lambung, namun obat ini memiliki fungsi lain yaitu untuk mengurangi kandungan asam urat yang berpotensi membentuk batu ginjal.

baca juga  Orchitis

6. Diuretic thiazide

Obat terakhir adalah obat jenis diuretic thiazide. Obat ini akan merangsang ginjal agar menghasilkan urine lebih banyak sehingga endapan bisa diatasi.

Anda bisa memilih obat kencing batu yang tersedia di apotik sesuai dengan jenis kencing batu Anda. Jangan lupa untuk mematuhi dosis. Jika Anda ragu sebaiknya tanyakan kepada dokter terlebih dahulu untuk ketepatan obat beserta dosisnya.

Jika bermanfaat. Silakan Share :