7 Ramuan Tradisional Keputihan Alami Tanpa Efek Samping

cara membuat ramuan tradisional buat keputihan untuk Wanita

keputihan-doktersehat


tanaman herbal,khasiat habbatussauda,habbatussauda,keputihan normal,kesehatan,menghilangkan keputihan,cara menghilangkan jerawat,jerawat,keputihan,mengatasi keputihan,herbal asam urat,cara mengobati batuk,ramuan tradisional,jamu tradisional,resep herbal

Keputihan dikeluhkan umum pada wanita normal dan teratur sebelum atau saat menstruasi. Tidak jarang keputihan yang tidak normal adalah penyakit yang sangat berbahaya bagi tubuh wanita.

Bagaimana Anda menangani ini? Anda dapat menggunakan banyak obat tradisional, tetapi simak dulu apa yang terjadi dan apa yang menyebabkan keputihan.

Keputihan Tidak Normal

Keputihan tidak normal adalah cairan yang keluar dari Miss V, namun warnanya sudah tidak bening lagi, warnanya bisa putih kekuningan, kehijauan, ataupun kecokelatan, berbau dan menimbulkan rasa gatal pada Miss V.

Keputihan disebabkan oleh infeksi bakteri, virus, jamur ataupun parasit. Jangan pernah menganggap enteng penyakit keputihan, karena ternyata penyakit ini dapat menyebabkan kemandulan, kanker, bahkan kematian. Jika mengalaminya, segera periksakan ke dokter atau atasi menggunakan obat tradisional keputihan.

Penyebab Keputihan yang Perlu Anda Waspadai

Keputihan disebabkan beberapa kondisi yang dapat mengganggu kesehatan organ intim dan kesahatan Anda, berikut penyebab keputihan yang harus Anda perhatikan:

1. Parasit

Parasit trichomonas vaginalis yang ditularkan lewat hubungan seks, perlengkapan mandi, meninjam pakaian dalam, atau bibir kloset. Cairan keputihan sangat kental, berbuih, berwarna kuning atau kehijauan dengan bau anyir. Keputihan karena parasit tidak menyebabkan gatal, tapi lubang vagina terasa nyeri bila ditekan. Kondisi ini dapat diatasi menggunakan obat herbal keputihan dari daun jambu.

2. Virus

Keputihan akibat infeksi virus juga sering menimbulkan penyakit kelamin, seperti condyloma, herpes, HIV/AIDS. Condyloma ditandai tumbuhnya kutil-kutil yang sangat banyak disertai cairan berbau. Ini sering pula menjangkiti wanita hamil. Sedang virus herpes ditularkan lewat hubungan badan. Bentuknya seperti luka melepuh, terdapat di sekeliling lubang vagina, mengeluarkan cairan gatal, dan terasa panas. Gejala keputihan akibat virus juga bisa menjadi faktor pemicu kanker rahim.

3. Jamur

Kondisi ini umumnya disebabkan oleh jamur candida albicans yang menyebabkan rasa gatal di sekitar vulva atau vagina. Infeksi ini berupa warnanya putih susu, kental, berbau agak keras, disertai rasa gatal pada kemaluan. Akibatnya, mulut vagina menjadi kemerahan dan meradang. Biasanya terjadi pada saat kehamilan, penyakit kencing manis, pemakaian pil KB, dan rendahnya daya tahan tubuh menjadi pemicu.

baca juga  Buang Air Besar Berdarah | Resep Herbal Mudah

Bayi yang baru lahir juga bisa tertular keputihan akibat candida karena saat persalinan tanpa sengaja menelan cairan ibunya yang menderita penyakit tersebut.

Bila mengalami vagina berjamur, segera gunakan obat tradisional untuk keputihan dengan mengonsumsi yogurt.

4. Bakteri

Bakteri gardnerella dan pada keputihan disebut bacterial vaginosis. Infeksi ini menyebabkan rasa gatal dan mengganggu. Warna cairan keabuan, berair, berbuih, dan berbau amis. Beberapa jenis bakteri lain juga memicu munculnya penyakit kelamin seperti sifilis dan gonorrhoea. Bakteri biasanya muncul saat kehamilan, sering berganti pasangan, dan penggunaan alat KB spiral (IUD).

Cara Mengobati Keputihan secara Alami

Berikut ini beberapa obat keputihan tradisional dan mudah yang bisa digunakan oleh para wanita, di antaranya:

1. Delima kering

Buah delima yang ranum tidak hanya enak tetapi juga memiliki beragam manfaat kesehatan. Salah satu pengobatan rumahan yang efektif adalah bisa mengatasi keputihan pada wanita. Yang Anda perlukan adalah kulit delima kering, sementara biji delima bisa anda konsumsi. Berikut cara membuat obat tradisional keputihan:

  • Siapkan 30 gram kulit delima kering dan 30 gram sambiloto
  • Kedua bahan direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc
  • Setelah disaring, air rebusan diminum selagi hangat
  • Minumlah secara teratur 2 kali sehari

2. Lidah buaya

Lidah buaya dapat membantu masalah kewanitaan karena meredam jaringan rahim dan membantu mencegah keluarnya cairan yang tidak normal. Berikut cara menggunakan lidah buaya sebagai obat tradisional keputihan:

  • Blender lidah buaya yang sudah dikupas kulitnya
  • Rebus bersama 30 gram sambiloto dengan air secukupnya
  • Hasil rebusan diminum selagi hangat
  • Minum ramuan ini secara teratur 2 kali sehari

Cara lain menggunakan obat herbal keputihan:

  • Blender lidah buaya yang sudah dikupas kulitnya
  • Rebus jus lidah buaya bersama 30 gram sambiloto dan sirih dengan air secukupnya
  • Setelah mendidih, gunakan air rebusan untuk membersihkan vagina dalam keadaan hangat
  • Ganakan ramuan ini secara teratur 2 kali sehari
baca juga  Minum Air Putih di Pagi Hari Saat Perut Kosong, Ini yang Terjadi Pada Tubuh

3. Sambiloto dan daun jengger ayam

Tanaman herbal ini sudah lama digunakan sebagai obat tradisional, salah satunya bermanfaat untuk mengatasi keputihan. Tanaman berdaun hijau kecokelatan ini mengandungan sentawa yang bermanfaat, di antaranya alkane, aldehid, homandrografolid, keton, flavonoid, mineral dan asam kersik.

Sementara bunga jengger ayam mengandung minyak lemak, kaempferitrin, amaranthin, pinitol, sedangkan pada daun terdapat saponin, flavonoida, dan polifenol.

Berikut Cara membuat ramuan untuk Miss V gatal dan mengeluarkan cairan:

  • Rebus sambloto yang sudah kering dengan 3 gelas air
  • Tambahkan 15 gram bunga jengger ayam kering
  • Biarkan mendidih hingga tersisa satu gelas air
  • Saring air rebusan yang sudah didinginkan
  • Minumlah ramuan ini secara rutin

4. Teh daun jambu biji

Obat rumahan yang bagus untuk menghentikan keputihan kuning kehijauan dengan bau busuk, atau cairan dadih seperti susu putih, adalah daun jambu biji (Psidium guajava L). Berikut cara membuat obat herbal keputihan warna kuning:

  • Rebuslah 1 liter air hingga mendidih, kemudian matikan api
  • Masukan 30 gram daun jambu biji yang sudah dibersihkan ke dalam air panas
  • Biarkan selama 2 hingga 5 menit, kemudian saring
  • Basuhlah seluruh bagian genital mengunakan teh daun jambu biji dengan hati-hati.
  • Lakukan cara ini 2 hingga 3 kali sehari

Mandi kursi yang dibuat dengan daun jambu biji efektif dalam mengobati keputihan yang disebabkan oleh Trichomoniasis dan Candidiasis. Selain itu, obat rumahan aman dan tidak menimbulkan efek samping, dan sepenuhnya aman.

5. Yoghurt

Tak disangka, minuman seperti yogurt murni atau tanpa pemanis bisa digunakan untuk mengobati keputihan. Yogurt mengandung bakteri baik yang disebut probiotik, ini bermanfaat untuk kesehatan dan membantu mengembalikan keseimbangan bakteri dan ragi dalam tubuh.

Sebuah penelitian tahun 2006 menemukan bahwa beberapa jenis probiotik dapat melawan beberapa ragi yang menyebabkan keputihan dan infeksi ragi vagina. Sementara penelitian lain menyebutkan bahwa yoghurt alami dapat digunakan dengan beberapa cara. Berikut cara menggunakan yogurt sebagai obat tradisional untuk keputihan:

baca juga  Cara Tradisional Merawat Rambut Kering Saat Musim Kemarau

Tanpa diduga, minuman seperti yogurt alami atau tanpa pemanis dapat digunakan untuk mengobati keputihan. Yoghurt mengandung bakteri baik, yang dikenal sebagai probiotik, yang bermanfaat bagi kesehatan dan membantu mengembalikan keseimbangan antara bakteri dan ragi dalam tubuh. Sebuah studi tahun 2006 menemukan bahwa beberapa jenis probiotik dapat melawan ragi tertentu yang menyebabkan keputihan dan infeksi vagina. Studi lain menunjukkan bahwa yoghurt alami dapat digunakan dengan berbagai cara. Cara menggunakan yogurt sebagai obat tradisional untuk mengobati keputihan:

  • Mengonsumsi yogurt alami, atau
  • Mengoleskan yogurt alami ke vulva di sekitar vagina (lakukan di kamar mandi)
  • Membasuh vagina dengan yogurt cair, hindari yogurt kental (lakukan di kamar mandi)

Lakukan salah satu cara mengobati keputihan secara alami ini dengan rutin di rumah.

6. Bawang putih

Bawang putih mengandung senyawa bioaktif, seperti allicin, yang membantu menghilangkan bakteri, virus, dan jamur. Selain itu, kandungan senyawa ini menghilangkan bau tak sedap tanpa mengganggu pH vagina Anda. Berikut cara menghilangkan keputihan secara alami menggunakan bawang putih:

  • Mengonsumsi beberapa siung bawang putih bersama dengan segelas air di pagi hari.
  • Bisa juga menumbuk beberapa siung bawang putih hingga halus, kemudian oleskan pada area keputihan.
  • Gunakanlah obat tradisional keputihan ini sampai gejalanya hilang.

7. Pisang

Selain enak, buah pisang bermanfaat sebagai obat alami untuk Miss V gatal dan mengeluarkan cairan. Untuk mendapatkan manfaat dari kandungan serat pisang yang tinggi, berikut cara membuat obat herbal keputihan:

  • Mengonsumsi pisang segar sebagai bagian dari makanan sehari-hari Anda secara rutin.

Untuk hasil terbaik, Anda bisa membuat pasta pisang:

  • Tumbuklah daging pisang yang sudah dipisahkan dari kulitnya
  • Tambahkan dua sendok makan madu, kemudian aduk hingga bercampur
  • Oleskan ramuan pada area keputihan dua kali sehari sampai mendapatkan hasil yang diinginkan.

Nah, itulah cara menggunakan obat tradisional keputihan yang bisa Anda lakukan secara mandiri di rumah. Selamat mencoba, Teman Sehat!

Jika bermanfaat. Silakan Share :