Gerakan Simpel yang direkomendasikan Bagi Ibu Hamil

Gerakan Simpel yang direkomendasikan Bagi Ibu Hamil

Selain jalan santai, berenang, atau menari, Anda juga bisa melakukan beberapa gerakan yang bagus untuk melatih ibu hamil.

Latihan ini dirancang untuk memperkuat otot dan sendi, meningkatkan sirkulasi, serta meredakan nyeri punggung dan sakit pinggang saat hamil. Supaya tidak salah, ikuti gerakan latihan saat hamil dan cara berlatihnya berikut ini.

1. Latihan untuk menguatkan otot perut

Ketika bayi dalam kandungan bertambah besar, tekanan pada otot di bagian punggung bawah akan meningkat. Hal ini sering kali menyebabkan sakit pinggang. Selain menghindari Anda dari malas gerak, latihan ini dapat menguatkan otot-otot perut. Untuk memperagakannya, ikuti langkah-langkahnya, seperti:

 

Posisikan tubuh Anda seperti merangkak; lutut dan tangan diletakkan pada lantai untuk menahan tubuh. Saat melakukan posisi ini, pastikan punggung Anda tetap lurus.

Kemudian, angkat punggung ke atas—ke arah langit-langit— untuk menarik otot-otot perut. Biarkan kepala rileks menghadap depan.

Tahan posisi ini selama beberapa detik, lalu lemaskan otot perut dengan meluruskan punggung kembali.

Lakukan gerakan ini secara berulang sebanyak 10 kali. Jika Anda merasa tidak nyaman atau merasakan rasa nyeri, hentikan gerakan segera.

2. Latihan dasar panggul

Dasar panggul terdiri dari lapisan otot yang meregang dari tulang kemaluan hingga ke ujung tulang punggung. Tujuan melakukan latihan dasar panggul adalah memperkuat otot-otot tersebut.

Jika otot di area panggul lemah, maka Anda akan mudah mengeluarkan air seni. Misalnya saat batuk, bersih, atau tegang. Jika terus melemah, inkontinensia urine dapat berlanjut setelah melahirkan. Itu artinya, Anda akn kesulitan menahan atau mengendalikan keluarnya aliran urine.

Untuk memeragakan latihan ini, ikuti langkah-langkahnya berikut ini:

Posisikan tubuh berbaring di lantai dengan tangan di sisi tubuh.
Kemudian, tekuk lutut Anda dan biarkan seluruh telapak tangan menempel di lantai
Lalu angkat area punggung bawah (sekitar perut) seidikit ke atas, Tahan gerakan ini selama 4 detik dan turunkan secara perlahan.

baca juga  Waktu yang Tepat Untuk Berolahraga

Lakukan gerakan ini sebanyak 10 kali.

Jika bermanfaat. Silakan Share :