Olahraga Pagi VS Sore, Ini Beda Efek Kesehatannya pada Tubuh!

ptamins.com, Setiap orang mungkin punya preferensi tersendiri apakah lebih suka olahraga pagi hari atau sore hari. Banyak orang menyarankan olahraga sebaiknya dilakukan pagi hari, sedangkan banyak orang yang tak bisa olaharaga pagi memilih olaharag sore karena banyak penelitian juga yang menyebutkan bahwa olahraga sore juga membawa efek kesehatan.

Tapi manakah yang paling baik? Sayangnya, baik olahraga pagi maupun sore hari tak bisa dibandingkan karena keduanya sama-sama memiliki efek sehatnya sendiri. Sebuah penelitian yang dilakukan di University of Copenhagen The Faculty of Health and Medical Sciences menemukan bahwa efek olahraga pagi dan sore hari memiliki efek kesehatan yang berbeda.

Olahraga pagi hari mampu meningkatkan respon metabolisme tubuh terhadap otot rangka, sedangkan olahraga sore hari mampu mebingkatkan energi tubuh untuk disimpan dan digunakan dalam jangka panjang.

Olahraga Pagi VS Sore

Dengan kata lain, olahraga pagi adalah waktu yang sangat baik jika kamu ingin membentuk otot tubuh dan memperbaiki metabolisme, sedangkan olahraga sore hari sangat baik dilakukan jika kamu ingin melatih endurance atau melatih stamina dan ketahanan tubuh sehingga tak cepat lelah jika beraktivitas seharian.

Peneliti menemukan bahwa perbedaan ini ternyata disebabkan oleh jam ritme sirkardian tubuh, yaitu proses alami yang terjadi di dalam tubuh untuk mengatur jam-jam biologis tubuh. Olahraga pagi merangsang gen dalam sel otot sehingga lebih mampu memetabolisme gula dan lemak, seperti dijelaskan peneliti, Jonas Thue Treebak.

Tidak ada yang lebih baik dan lebih buruk karena kedua waktu olahraga tersebut memberikan efek kesehatan yang berbeda. Mau olahraga pagi atau olahraga sore, sesuka Sahabat ptamins saja.

Semoga informasi ini bermanfaat untukmu ya Sahabat Ptamins , ikuti tips sehat herbal menarik disini Pandu Herbal.
Jika bermanfaat. Silakan Share :
baca juga  Benarkah Sering Vertigo Bisa Memicu Stroke?