Q Fever Menular Dari Udara

Read Time:4 Minute, 19 Second

Q Fever disebabkan oleh jenis bakteri yang dibawa oleh hewan, umumnya biri-biri, kambing dan hewan ternak.

Jika anda menghirup udara yang terkontaminasi debu dekat hewan yang terinfeksi, Anda akan ikut terinfeksi.

Kebanyakan orang biasanya tidak nampak gejala dengan demam Q, tetapi sebagian merasa seperti menderita flu, pneumonia atau hepatitis. Bentuk akut demam Q dapat menyebabkan demam Q kronis, yang dapat berlangsung tiga hingga empat tahun dan berdampak hati, jantung, otak, dan paru-paru, yang seringkali berakibat fatal.

Gejala Tanda dan gejala demam Q sangat luas. Orang yang mengidap demam Q akut kemungkinan tak merasakan gejala sama sekali, sementara mereka yang mengidap demam Q umumnya terkena di bagian jantung dan organ besar lainnya.

Demam  Q akut

Lebih dari separuh orang terinfeksi demam Q akut tidak menunjukkan gejala. Jika Anda mengalami gejala, hal itu baru dikenali dua hingga tiga pekan setelah terpapar bakteri. Infeksi mungkin menyerupai flu, menyebabkan tanda dan gejala sebagai berikut:

– Panas tinggi hingga 40 derajat Celcius

– Sakit kepala hebat

Kelelahan

– Radang tenggorokan

– Menggigil

– Batuk berdahak atau tidak berdahak

– Sakit di bagian dada

– Sakit di bagian perut

– Mual

– Muntah

– Diare

– Ruam keunguan

-Sakit otot hebat

 

Demam Q kronis

Jika seseorang mengalami demam Q lebih dari enam bulan, maka dikategorikan kronis. Demam Q kronis dapat berkembang kapan saja antara satu hingga 20 tahun setelah pertama kali dia mengalami demam Q akut, bahkan jika awalnya tak menunjukkan gejala sama sekali.

Gejala dari demam Q kronis bervariasi bergantung bagaimana dia bermanifestasi. Demam Q kronis dapat mempengaruhi Anda dengan efek yang berbeda:

Demam Q endocarditis. Pada kasus endocarditis, dinding bagian dalam jantung terjadi peredangan, yang dapat memicu kerusakan katup jantung. Tanda dan gejalanya termasuk demam berkepanjangan, berkeringat di malam hari, menggigil, kelelahan dan napas pendek.

Infeksi pembuluh darah. Saat bakteri penyebab demam Q menginfeksi pembuluh darah, penderita akan mengalami demam, kelelahan, kehilangan nafsu makan dan berat badan turun.

Demam Q kronis. Meskipun jarang, demam Q kronis dapat bermanifestasi dalam bentuk infesksi tulang (osteomyelitis), infeksi paru-paru kronis atau kelelahan kronis, di mana masing-masing memiliki gejala sendiri.

Diagnosis

Untuk mendiagnosis demam Q, dokter akan melakukan tes darah sekali atau lebih, dengan tes tambahan lain jika diduga mengidap demam Q kronis. •    Hitung Platelet.

Melakukan penghitungan platelet dapat mengindikasikan demam Q, namun tidak bisa untuk menegakkan diagnosis.

•    Uji serologi. Untuk membuat diagnosis spesifik dari demam Q, dokter akan menguji serum darah untuk antibody terhadap antigen Coxiella burnetii.

•    Echocardiography. Jika diduga mengidap demam Q kronis, dokter akan melakukan echocardiogram untuk mengecek lesi pada katup jantung, tanda yang paling utama dari endocarditis.

Jika tidak ditemukan lesi pada echocardiogram, dokter biasanya akan meminta pasien kembali dalam tiga atau enam bulan untuk tes serologi dan  echocardiogram lagi.

Penyebab & Faktor Risiko

Bakteri Coxiella burnetii umumnya menginfeksi hewan. Infeksi lazimnya terjadi pada biri-biri, domba dan hewan ternak, namun juga dapat terjadi pada binatang peliharaan seperti anjing, kucing, burung dan kelinci.

Mamalia ini menularkan bakteri melalui urin, kotoran, susu, plasenta dan cairan amnion. Saat Saat zat itu mengering, bakteri di dalamnya akan tergabung dengan debu di udara. Infeksi menular pada manusia melalui paru-paru, saat menghirup udara yang terkontaminasi.

Amat jarang seseorang terinfeksi demam Q karena meminum susu tanpa melalui proses pasteurisasi, atau tergigit oleh binatang yang terinfeksi.

Komplikasi

Demam Q bisa berakibat pada jantung, hati, paru-paru dan otak, member peluang terjadinya kenaikan komplikasi serius seperti:

•    Endocarditis, sebuah peradangan pada membran di sekeliling jantung

•    Meningitis, peradangan membran di sekeliling otak dan batang otak

•    Pneumonia

•    Acute respiratory distress, sebuah kondisi darurat medis di mana seseorang tidak cukup mendapat oksigen

•    Komplikasi kehamilan, termasuk keguguran, bayi lahir dengan berat badan rendah, kelahiran prematur, intrauterine growth retardation dan janin terlahir mati

Gaya Hidup & Perawatan di Rumah

Demam  Q  akut umumnya akan sembuh dengan sendirinya dalam beberapa minggu tanpa pengobatan. Jika anda menderita gejala ini, dokter umumnya akan meresepkan antibiotik. Demam Q kronis membutuhkan terapi antibiotik khusus, diikuti dengan berbagai tes lain, hingga kemungkinan operasi.

Pencegahan

Jika seseorang memiliki risiko spesifik terhadap demam Q, ikutilah rekomendasi berikut yang bisa mencegah infeksi:

•    Berhati-hatilah membuang produk binatang. Produk buangan dari persalinan hewan (termasuk plasenta dan membran fetus) bisa membawa bakteri demam Q. Buanglah produk buangan hewan secara benar untuk mengurangi risiko.

•    Gunakan desinfektan. Gunakan pembersih khusus dan desinfektan yang pada labelnya tertera efektif membunuh bakteri C. burnetii.

•    Cuci tangan. Mencuci tangan dengan benar setiap hari dapat mencegah penyebaran C. burnetii dan bakteri lain.

•    Minumlah hanya susu pasteurisasi. Meminum susu dalam jumlah banyak tanpa melalui proses pasteurisasi akan memudahkan terpapar bakteri berbahaya.

•    Lakukan vaksinasi jika memungkinkan. Vaksin yang sngat efektif dan teruji tersedia di Australia, meskipun vaksin ini secara tidak komersial juga tersedia di Amerika Serikat.

•    Lakukan prosedur labroratorium dengan benar. Jika Anda adalah peneliti yang bekerja dengan hewan, lakukan tindakan pencegahan dan ikuti petunjuk untuk mengurangi risiko.

•    Karantinakan hewan impor. Cara terbaik untuk mencegah kemungkinan penyebaran infeksi adalah melakukan karantina hewan impor sampai bisa diverifikasi bahwa hewan tersebut bebas dari infeksi.

•    Tes hewan secara teratur. Jika anda bekerja pada lingkungan hewan, lakukan tes hewan secara berkala di tempat bekerja dengan antibodi untuk bakteri Coxiella burnetii, lakukan dengan cara yang benar.

•    Hindari peternakan dan lingkungan hewan jika Anda berisiko.

Jika sedang hamil atau imunitas lemah serta masalah katup jantung, menjauhlah dari peternakan karena kemungkinan debu udara telah terkontaminasi.

0 0
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Jika bermanfaat. Silakan Share :

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *