Cara Sederhana Mengatasi Sariawan Akibat Penggunaan Behel

Perlu cara tersendiri untuk mengatasi sariawan yang terjadi akibat pemakaian behel atau kawat gigi. Penggunaan alat orthodonti ini memang bertujuan untuk merapikan gigi yang tumpang tindih serta maju atau mundur sehingga menjadi “harmonis” dalam satu lengkung rahang. Namun, pada sebagian orang pemakaian behel ternyata memicu timbulnya sariawan.

Pada umumnya, sariawan muncul di dalam rongga mulut karena adanya gesekan antara jaringan lunak mulut dengan bagian-bagian kawat yang sedikit tajam. Pengguna baru behel pun perlu beradaptasi beberapa saat dengan keadaan tersebut. Lambat laun, kondisi tersebut akan berkurang.

Meski bersifat sementara, sariawan sedikit banyak tentu mengganggu pengguna behel karena akan kesulitan mengunyah atau berbicara. Untuk mengatasinya, ada beberapa tips yang dapat dilakukan.

Atasi sariawan dengan cara ini

Untuk mengatasi atau mencegah agar sariawan tidak muncul setelah pemakaian behel, beberapa tips praktis di bawah ini dapat Anda terapkan:

Berkumur dengan air garam
Garam merupakan salah satu bumbu dapur yang memiliki kandungan antiseptik. Bahan alami ini sudah sering digunakan sebagai alternatif pengobatan dalam menghilangkan rasa sakit pada gigi ataupun rongga mulut.

Anda dapat melakukannya dengan cara mencampurkan 1 sendok teh garam dengan air hangat. Kemudian kumur dengan larutan ini selama 30 detik. Lakukan cara tersebut 2 hingga 3 kali sehari sampai rasa yang tidak nyaman hilang.

Selalu jaga kebersihan gigi dan mulut

Bagi Anda yang menggunakan behel, diperlukan perhatian ekstra dalam menjaga kebersihan gigi dan mulut. Sikatlah gigi secara teratur 2 kali sehari secara perlahan dengan menggunakan teknik yang tepat.

Ini merupakan cara yang baik untuk meminimalkan luka di rongga mulut dengan mengurangi penumpukan kuman dan bakteri.

Gunakan wax
Untuk mencegah luka sariawan pada rongga mulut akibat gesekan kawat gigi yang baru terpasang, Anda bisa menggunakan wax gigi atau lilin. Lilin ini berfungsi untuk melapisi kawat gigi yang terasa tajam agar tidak melukai rongga mulut.

baca juga  Cara Mudah Mengurangi Lemak Perut Setelah Melahirkan

Jangan lupa untuk memanaskannya terlebih dahulu sebelum menempelkannya pada daerah kawat yang tajam.

Diet makanan lunak
Hindari makanan-makanan yang bertekstur keras dan terasa pedas atau asam. Hal ini justru dapat memperburuk dan memicu sariawan. Gantilah dengan makanan yang bertekstur lembut dan mudah ditelan.

Cobalah mengonsumsi yoghurt karena makanan ini mengandung probiotik yang dapat membantu mengurangi rasa sakit.

Perbanyak air
Air liur memiliki komponen antibakteri yang dapat mencegah timbulnya luka di dalam mulut. Mengonsumsi air putih secara teratur akan merangsang produksi air liur. Sebab, kondisi mulut kering atau xerostomia dapat memperburuk keadaan. Memperbanyak minum air akan meminimalkan rasa sakit akibat sariawan yang muncul.

Konsumsi obat
Bila rasa sakit yang muncul tak bisa ditahan lagi, mengonsumsi obat penghilang rasa nyeri adalah cara yang bisa Anda lakukan. Obat ini dapat Anda temukan di apotik tanpa perlu resep dokter.

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi sariawan akibat pemakaian behel. Namun, bila kondisi ini tak kunjung membaik dan terus bermasalah, jangan ragu untuk segera lakukan pemeriksaan secara langsung dengan dokter gigi Anda.

Jika bermanfaat. Silakan Share :