Seputar khasiat daun pepaya dan jambu biji 

Read Time:1 Minute, 25 Second

Seputar khasiat daun pepaya dan jambu biji 

Epidemi dengue (demam berdarah) memaksa orang untuk meningkatkan gaya hidup sehat dan bersih (PHBS). Ketika demam berdarah menyebar, banyak obat-obatan herbal dan alternatif beredar dan membangun kepercayaan masyarakat.
Misalkan jambu biji meningkatkan jumlah trombosit, yang terus berkurang ketika terinfeksi penyakit yang ditularkan oleh nyamuk. Baru-baru ini, sebuah pesan telah menyebar di masyarakat dengan cara yang unik: Daun pepaya juga dapat meningkatkan jumlah trombosit.

Jambu biji yang menurut masyarakat mereka menangani DH biasanya dibuat dengan membuat jus. Informasi tentang daun pepaya beredar cukup untuk dipersiapkan dengan jus daun pepaya mentah. Anda melakukan ini dengan membersihkan 2 lembar daun pepaya dengan kain saring, dihancurkan dan diperas. Anda mendapatkan 1 sendok makan per daun. Dosisnya adalah 2 sendok makan 1 kali sehari. Jangan dimasak, memasak atau membersihkan dengan air panas, jika tidak hati hati mereka akan hilang.

Namun benarkah semua itu bisa menyembuhkan DBD dan menaikkan trombosit? Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, menegaskan hingga saat ini belum ada penelitian soal hal itu.

“Sejauh yang saya tahu belum ada obat anti virus (DBD),” tegasnya, Rabu (30/1).

Lalu bagaimana dengan kebenaran jambu biji? Menurut dr. Ari, baik daun pepaya atau jambu biji sama seperti buah dan sayur-sayuran pada umumnya. Namun tak ada hubungannya dengan trombosit.

“(Keduanya) sebagai sumber vitamin, mineral dan juga sebagian mengandung antioksidan tidak berhubungan dengan naiknya trombosit,” tegasnya.

Dia mengingatkan agar dalam pengobatan pasien DBD untuk memperhatikan asupan cairan bagi pasien. Pengobatan penting dan utama dalam tatalaksana pasien dengan demam berdarah adalah menjaga sirkulasi cairan.

baca juga  Jarang Dilirik, Dikira Tak Berguna Ternyata Manfaatnya Luar Biasa

“Dengan infus yang cukup dan minum yang banyak. Obat-obatan yang diberikan biasanya hanya bersifat menghilangkan gejala yang muncul,” katanya.

0 0
Happy
Happy
%
Sad
Sad
%
Excited
Excited
%
Sleppy
Sleppy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
%
Jika bermanfaat. Silakan Share :

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *