Sindrom Usus Malas, Gangguan Pencernaan Kronis yang Bikin Sembelit

Sindrom Usus Malas, Gangguan Pencernaan Kronis yang Bikin Sembelit

Tanda paling paling umum dari sindrom usus malas adalah sembelit dalam waktu lama dan BAB menyakitkan. Sindrom ini bisa menjadi kondisi kronis dengan gejala yang kambuhan.

Apa penyebabnya, dan bagaimana cara mengatasi usus malas?

Apa penyebab sindrom usus malas?
Orang dengan sindrom usus malas memiliki usus yang bekerja lambat memindahkan makanan. Itu kenapa sindrom ini juga sering disebut sindrom usus lambat.

Seharusnya setiap kali Anda makan, saraf di saluran pencernaan akan mengirim sinyal ke otot-otot saluran cerna untuk terus menggerakkan makanan. Makanan akan terus bergerak dari lambung untuk dicerna sampai menuju ke usus besar sebelum akhirnya mencapai rektum sebagai feses yang dibuang lewat anus. Gerakan pencernaan ini disebut dengan gerak peristaltik.

Pada sindrom usus malas, gerak peristaltik terblokir sehingga gerakan otot-otot usus menjadi lebih lemah dan lambat. Akibatnya, makanan tidak bisa dipecah dengan sempurna. Timbunan makanan yang tidak tercerna pada akhirnya akan mengeras dalam usus dan memicu sembelit.

Apa yang memicu terjadinya sindrom usus malas?
Sindrom usus malas ini juga disebut sebagai sembelit jangka panjang. Penyebab paling utamanya adalah kekurangan asupan makanan berserat dalam waktu cukup lama.

Sindrom ini juga sering tampak pada orang-orang yang memiliki gangguan makan, terutama anoreksia nervosa dan bulimia yang biasanya melibatkan pemakaian obat pencahar berlebihan atau bahkan sampai ketergantungan, untuk mengeluarkan makanan.

Selain itu, sindrom usus lambat juga umum terjadi pada orang-orang yang memiliki IBS (irritable bowel syndrome), pengguna narkoba, juga orang-orang yang diet ketat.

Bagaimana cara mengatasi sindrom usus malas?
Cara mengobati usus malas akan tergantung dari penyebabnya. Umumnya, sindrom ini dapat diatasi dengan diet tinggi serat untuk mencukupi kebutuhan serat harian.

Tambahkan makanan kaya serat ke dalam menu makan Anda, seperti:

baca juga  Fakta Tentang Sindrom Angelman

Buah-buahan: pisang, apel, ara, plum, buah-buah beri.
Sayur-sayuran: brokoli, wortel, kubis, pokcoy, kembang kol.
Biji-bijian: biji rami, biji bunga matahari, biji labu.
Kacang-kacangan: kacang almond.
Roti gandum.
Biji chia.
Sementara sedang diet tinggi serat, Anda perlu membatasi produk susu dan makanan lain yang sangat sedikit kadar seratnya. Ganti dengan makanan tinggi probiotik seperti yogurt, kefir, kimchi, atau tempe untuk melancarkan pencernaan.

Selama ini pula Anda perlu memperbanyak minum air hingga 2-4 gelas dari normalnya. Peningkatan asupan air putih saat sembelit dapat membantu melunakkan feses sehingga lebih mudah dikeluarkan. Selain air putih, Anda juga bisa minum teh hijau 3-4 cangkir sehari atau sari lidah buaya yang berfungsi sebagai pencahar alami untuk membantu melancarkan gerak peristaltik saluran pencernaan Anda.

Olahraga bantu melancarkan pencernaan
Selain menerapkan pola makan tinggi serat dan probiotik, Anda juga perlu rutin olahraga ringan untuk mengatasi usus malas. Olahraga memperlancar sirkulasi darah menuju perut sehingga gerak peristaltik Anda makin lancar.

Olahraga yang dapat memperlancar pencernaan adalah aerobik ringan yang meningkatkan pernapasan dan detak jantung. Kebugaran jantung dan paru yang lebih baik menghasilkan aliran darah yang lebih lancar, sehingga memengaruhi pergerakan usus yang lebih efisien.

Contoh olahraga aerobik yang bisa Anda lakukan ketika sedang sembelit adalah jalan kaki atau jogging 10 sampai 15 menit setiap hari, bersepeda, berenang, atau senam aerobik.

Kapan harus pergi ke dokter?
Jika masalah sembelit Anda masih sering kambuh, bahkan setelah membenahi pola makan dan rutinitas olahraga, konsultasikan dengan dokter Anda.

Segera hubungi dokter Anda jika:

Anda mengalami sakit perut yang parah tidak hilang dengan buang air besar.
Anda mengalami diare yang disertai demam tinggi.
Diare sambil menggigil, muntah, dan pusing.
Mengalami sembelit yang terjadi selama lebih dari seminggu.

Jika bermanfaat. Silakan Share :