Penyebab dan Cara Mengatasi Mabuk Darat

Read Time:4 Minute, 31 Second

Saat melakukan perjalanan jauh, ada beberapa hal yang kerap membuat perjalanan tidak nyaman, seperti mabuk darat misalnya. Berikut cara mengatasinya

Lakukan langkah berikut ini untuk menghilangkan mual.

Perjalanan tak selalu manis rasanya. Kadang, ada saja hal-hal yang membuat kita merasa tidak nyaman, salah satunya adalah gejala mabuk perjalanan yang identik dengan perasaan mual, pusing, keringat dingin, hingga muntah.

Mengapa kita bisa mual, pusing, dan keringat dingin hingga muntah saat berada dalam kendaraan?

mabuk darat

Kenapa bisa pusing dan mual?

Untuk menjawab pertanyaan di atas, kami telah menghubungi dr. Marlinca Agung Rusmalinda Putri.

Berdasarkan ilmu kesehatan, dr. Marlinca menjelaskan bahwa penyebab mabuk kendaraan terjadi karena dua faktor, yaitu keseimbangan tubuh dan faktor riwayat penyakit.

Faktor gangguan keseimbangan ini sendiri terjadi karena mata dan telinga kita terganggu karena kendaraan yang terus bergerak, sehingga menimbulkan gejala kepala berputar, mual, hingga muntah.

“Kalau secara fisiologis (umum) orang sehat bisa mabuk kendaraan karena gangguan keseimbangan. Mata dan telinga adalah organ yang berpengaruh saat naik kendaraan, saat kendaraan bergerak, mata kita kurang fokus menangkap objek dan otomatis akan mempengaruhi organ keseimbangan yang terletak di telinga sehingga menimbulkan kepala berputar dan mual muntah,” jelas dr. Marlinca.

Sedangkan faktor riwayat penyakit di sini hanya terbatas pada penyakit tertentu, salah satunya adalah riwayat vertigo yang juga menyerang organ keseimbangan di mana gejalanya akan muncul apabila dipacu dengan hal-hal yang mengganggu organ keseimbangan seperti naik kendaraan.

 “Yang kedua karena faktor riwayat penyakit seperti riwayat vertigo di mana vertigo adalah penyakit yang menyerang organ keseimbangan. Sakit akan kumat jika dipacu serangan yang mengganggu organ keseimbangan,” pungkas dr. Marlinca.

Langkah-langkah mencegah mabuk perjalanan

mabuk darat

Mabuk perjalanan? Kamu bisa melakukan langkah berikut ini.

Untuk mencegah mabuk perjalanan, dr. Marlinca telah menjelaskan secara rinci langkah-langkah simpel terhindar dari mabuk perjalanan. Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Sebelum naik kendaraan isi perut terlebih dahulu (makan). Jangan sampai perut dalam kondisi kosong.
  2. Minum obat anti muntah.
  3. Saat naik kendaraan usahakan jangan meminum minuman bersoda, makan makanan yang sekiranya dapat memicu mual (biasanya setiap individu memiliki faktor pemicu tersendiri).
  4. Saat naik kendaraan, posisikan badan senyaman mungkin dan hindari aktivitas membaca buku atau bermain HP. Usahakan mata agar tetap fokus.
  5. Posisikan kepala dalam keadaan stabil.
  6. Jangan makan secara berlebihan.
  7. Konsumsi permen mint dan pejamkan mata untuk mencegah gejala mual.
  8. Jika gejala mual, pusing, dan keringat dingin mulai muncul, pejamkan mata dan mulailah untuk istirahat sampai serangan reda.
baca juga  Benarkah Nasi Putih dan Kentang Tidak Baik untuk Diabetes?

Yang harus dihindari agar tidak mabuk perjalanan

mabuk darat

Ini yang harus Kamu hindari agar tidak mabuk perjalanan.

Mabuk perjalanan memang disebabkan karena gangguan keseimbangan, namun ada juga makanan yang bisa menjadi penyebab mabuk perjalanan. Apa sajakah itu? Berikut ini list yang telah dr. Marlinca berikan:

  1. Minuman beralkohol dan bersoda.
  2. Minum kopi berlebihan (kandungan kafein membuat mata terjaga dan terjadi ketegangan saraf kepala sehingga kepala pusing bisa memicu mual dan muntah).
  3. Makan berlebihan dan terlalu kenyang juga bisa memicu mabuk perjalanan, jadi jangan terlalu kenyang.

“Banyak orang yang bilang bahwa jeruk bisa memicu mabuk perjalanan padahal dalam ilmu kedokteran tidak. Malah karena rasanya yang asam malah dapat mengatasi mual mencegah mual, hal ini karena jeruk menganduk banyak vitamin C. Tapi jika dikonsumsi berlebihan dalam kondisi perut kosong, dapat menyebabkan asam lambung meningkat,” ujar dr. Marlinca.

Jika sudah mual, lakukan langkah-langkah ini untuk meredakannya

mabuk darat

Lakukan langkah berikut ini untuk menghilangkan mual.

Lakukan hal simpel berikut ini agar keadaanmu lebih baik saat mual di kendaraan:

  1. Jika memang sudah mual, muntahkan saja. Jangan ditahan.
  2. Setelah muntah, minumlah air putih untuk mencegah dehidrasi.
  3. Makan makanan ringan.
  4. Minum obat anti muntah.
  5. Istirahatlah dan pejamkan mata.
  6. Jika rasa sakit kepala sudah reda, mulai buka mata perlahan dan fokuskan mata. Hindari membaca buku dan bermain HP.
  7. Agar tubuh makin rileks, stabilkan kepala dan pakailah minyak kayu putih agar tidak mual.
  8. Makanlah permen mint untuk menghilangkan mual.

Rekomendasi obat anti mabuk

mabuk darat

Minum obat yang tepat.

Sebenarnya ada banyak obat anti mabuk yang bebas dijual belikan di apotek, baik menggunakan resep dokter maupun yang tidak. Obat-obatan ini biasanya mengandung dimenhydrinat,  dramamine, atau meclizine.

Kamu bisa memilih obat anti mabuk yang umum dikenal seperti Dramamine dan Bonine/Antivert. Obat anti mabuk ini bukan hanya tersedia dalam bentuk pil namun dalam bentuk koyo sehingga efektif untuk dibawa saat perjalanan. Agar obat anti mabuk dapat bekerja dengan baik, alangkah baiknya meminum obat anti mabuk 30-60 menit sebelum memulai perjalanan menggunakan mobil atau kendaraan lainnya.

baca juga  Makan Rambutan Terlalu Matang dan Berlebihan, Inilah Efeknya

Rekomendasi obat anti mabuk lainnya yang cukup efektif dicoba saat perjalanan adalah skopolamin. Resep ini hanya bisa didapatkan dengan resep dokter dan dipakai sebagai plester yang ditempelkan di belakang telinga. Efek sampingnya cukup berat yaitu penglihatan menjadi kabur dan mulut kering, namun cukup efektif untuk menghilangkan gejala mabuk. Kamu bisa mendapatkan resep ini dengan berkonsultasi dengan dokter.

Mabuk saat mengemudi?

mabuk darat

Mabuk saat mengemudi? Jangan sampai!

Mabuk perjalanan bukan hanya terjadi pada penumpang saja, namun pengemudi juga bisa merasakannya. Berikut ini adalah hal yang bisa Kamu lakukan untuk menghindari mabuk perjalanan saat mengemudi:

  1. Jika memang sering mabuk perjalanan saat mengemudi, Kamu bisa konsumsi obat anti mabuk Dramamina atau Meklizina yang tidak memberikan efek kantuk. Jika tidak ada, Kamu bisa coba Imodium dan Pepto-Bismol.
  2. Sediakan permen karet untuk memberikan efek rileks saat mengemudi.
  3. Sediakan permen mint untuk menghilangkanmual.
  4. Membuka sedikit jendela mobil agar merasakan fresh.
  5. Membawa plastik untuk jaga-jaga.

Banyak hal yang bisa dilakukan untuk menghilangkan gejala mabuk darat. Mulai dari konsumsi obat, menghilangkan kebiasaan membaca buku, hingga melakukan pencegahan simpel seperti di atas. Jika ingin mendapatkan solusi yang lebih baik untuk gejala mabuk kendaraan yang Kamu alami, Kamu bisa berkonsultasi kepada dokter.

0 0
Happy
Happy
%
Sad
Sad
%
Excited
Excited
%
Sleppy
Sleppy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
%
Jika bermanfaat. Silakan Share :

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *