Mangga dikenal sebagai buah yang tidak hanya enak namun juga mempunyai kandungan vitamin yang tinggi dan menyehatkan bagi tubuh.

Ternyata, tidak hanya buah mangga yang bermanfaat baik untuk tubuh, daun mangga juga sangat berkhasiat. Banyak dari mereka yang berpikir bahwa daun mangga tidak memiliki manfaat. Bahkan dianggap yang merupakan sampah semata. Padahal, banyak kandungan asam dan serat yang terkandung kepada daun mangga ini dan semua ini dapat dipakai untuk kesehatan.

Daun mangga mengandung Quercetin, Filsetin, Asam galat,Astragalin, Alkaloid, Tannin, Flavonoid, Terpenoid, dan Steroid. Dengan kandungan tersebut daun mangga memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan. Berikut beberapa contoh gangguan kesehatan yang dapat diatasi dengan daun mangga:

1. Daun Mangga bisa Mengobati flu

Cobalah untuk mencampurkan daun mangga dengan madu dan juga jeruh nipis, lalu kemudian bahan tadi campurkan dan aduk. Minumlah ramuan obat ini dengan rutin agar bisa memberikan keringanan terhadap flu yang anda derita, yang mana sering kali flu menggangu berbagai aktifitas penting dikeseharian anda.

2. Mengatasi flek dan bintik hitam

Masalah yang biasa terjadi pada wajah seseorang yakni flek hitam dan juga bintik hitam juga bisa diatasi dengan daun mangga. Caranya anda hanya cukup menumbuk daun mangga hingga halus, dan mencampurnya dengan yoghurt, dan mengoleskan ke wajah anda.

3. Mencegah varises

Kelainan yang terjadi pada otot kaki seseorang atau lebih dikenal dengan varises, juga bisa dilakukan pencergahan dengan menumbuk daun mangga hingga halus, dan kemudian mengoleskannya dikaki, dan selain bisa mencegah, daun mangga juga bisa mengobati varises yang diderita oleh seseorang, dengan cara mengoleskan tumbukan daun mangga, atau meminum air rebusan dan air seduhan daun mangga.

baca juga  Kapan waktu terbaik bayi makan nanas, apa saja manfaatnya?

4. Menyuburkan organ reproduksi

Kesuburan untuk wanita dan pria sangatlah diperlukan dan diharapkan oleh setiap pasangan. Dan salah satu cara yang bisa dilakukan guna untuk menyuburkan organ reproduksi pria dan juga wanita, bisa menggunakan teh dari daun mangga, dan rutinlah meminum ramuan ini.

5. Daun Mangga bisa Mengobati asam urat

Anda bisa membuat daun mangga yang sudah dalam keadaan kering, menjadi lebih bisa diolah dengan menjadikannya teh. Dan obat herbal yang satu ini tentu akan sangat membantu dalam mengobati penyakit asam urat serta rasa nyeri yang ada di nadi dan juga persendirian seseorang.

6. Daun Mangga bisa Menurunkan tekanan darah

Tekanan darah yang tinggi dari seseorang, bisa menyebabkan munculnya berbagai penyakit serius, salah satunya adalah stroke. Maka dari itu, pengobatan yang baik dan benar sangatlah dibutuhkan disini, apalagi dari bahan alami. Dan salah satu obat alami yang bisa anda gunakan adalah daun mangga. Anda bisa mengolah daun mengga menjadi teh, lalu rutinlah meminum teh tersebut, agar tekanan darah anda menjadi turun, dan tidak terlalu tinggi.