Tips Atasi Jerawat dan Rambut Rontok Bagi Hijaber

Indonesia dengan mayoritas masyarakat muslim membuat modest fashion semakin berkembang. Banyak perempuan Indonesia yang kini menggunakan hijab bukan hanya untuk memenuhi perintah agama. Melainkan menjadi bagian dari fashion sehari-hari.

Tips Merawat Kulit Berjerawat Dan Rambut Rontok – Namun menggunakan hijab memiliki tantangan sendiri dalam hal kecantikan. Di mana sering timbul jerawat di area tulang rahang, dagu dan dahi. Selain jerawat, perempuan yang menggunakan hijab juga sering mengalami rambut rontok dan ketombe. Tidak sedikit yang bingung harus bagaimana mengatasinya.

Tenang, itu semua dapat diatasi, dr. Lilis Rohaeni, dokter estetik sekaligus pemilik Aeni Skincare Clinic menjelaskan soal pemilihan hijab yang tepat dan trik agar tidak timbul jerawat.

1. Jenis kain

Ketika menggunakan hijab, memilih kain yang tepat menjadi yang utama. Bukan hanya sekadar bagus untuk digunakan namun juga nyaman dan sehat bagi kulit. Disarankan untuk menggunakan kain hijab dengan bahan katun yang mampu menyerap keringat lebih banyak. Sehinga tidak memicu munculnya jerawat di pipi.

2. Jenis ciput

Ciput menjadi solusi untuk membentuk struktur hijab lebih tahan lama. Selain itu, ciput digunakan untuk merapikan anak rambut di area depan kepala. Namun menggunakan ciput di luar ruangan membuat kepala memproduksi lebih banyak minyak.

Sehingga menimbulkan rambut rontok dan ketombe. Daripada menggunakan ciput, lebih baik menggunakan bandana. Bandana membuat rambut memiliki lebih banyak ruang bernafas.Foto Luna Maya mengenakan hijab itu turut mengundang perhatian warganet. Banyak dari mereka yang mendoakan agar wanita kelahiran Denpasar tersebut dimantapkan hatinya untuk terus mengenakan hijab.

Merawat rambut rontok untuk pengguna hijab

3. Jenis sampo

Beberapa merek mengusung sampo khusus bagi pengguna hijab. Namun hal terpenting yang perlu dipahami ketika memilih sampo untuk pengguna hijab adalah sampo yang tidak memiliki kandungan moisturizernya. Sehingga rambut tidak mudah berminyak.

baca juga   11 cara mengatasi rambut rontok yang super gampang

 

Cara Mengatasi Kulit Berjerawat Dan Rambut Rontok

cara mengatasi kulit wajah berjerawat rambut rontok jerawat komedo tips merawat menghilangkan mengurangi

 Tips Merawat Kulit Berjerawat Dan Rambut Rontok

4. Ketika Muncul Jerawat: Hadapilah!

Semua orang seringkali menyalahkan gen keturunan mereka ketika ada masalah pada kulitnya. Padahal setiap orang siapa pun itu pasti pernah mengalami masalah pada kulit. Entah itu ketika masih remaja awal hingga menopause. Sindrom ovarium polikistik (PCOS), perawatan laser, menstuasi, krim tidak cocok atau makeup semua bisa saja menyebabkan jerawat.

5. Rawat Wajah Anda

Berolahragalah secara teratur dan makan sehat. Hindari karbohidrat yang berlebihan. Pastikan tubuh Anda cukup protein dengan mengonsumsi makanan seimbang. Anda bisa mengkombinasikan dengan susu bebas lemak atau yoghurt, kecambah, ayam, ikan, buah-buahan segar dan salad. Tingkatkan juga asupan air Anda.
.

“Gunakan facewash yang mengandung asam salisilat atau Alpha Hydroxy Acid (AHA) hanya dua kali sehari. Penggunaan yang berlebihan akan membuat kulit berminyak,” jelas Dr Rekha Sheth.

Jangan memencet jerawat menggunakan pasta gigi. “Pasta gigi dapat membakar kulit dan menyebabkan noda yang akan memakan waktu lama untuk menghilangkannya,” lanjut Dr Sheth.

Hindari menyentuh wajah dengan tangan. “Tangan Anda mungkin penuh bakteri,” kata dokter kulit Dr Swati Srivastava. “Lakukan perawatan paket wajah yang menggunakan minyak teh untuk membantu mengurangi jerawat.” imbuhnya.

6. Rambut Yang Menipis

Waktu berganti waktu terkadang tanpa kita sadari jumlah helai pada rambut Anda menipis. Hal itu biasanya disebabkan karena keturunan, ketidakseimbangan hormon, anemia dan diet tepat. Selain itu, penyebab umum rambut rontok adalah gaya rambut seperti ekor kuda yang tinggi, kepang, rambut gimbal, melakukan ekstensi rambut dan penggunaan rol terlalu sering.

7. Makanan Bernutrisi

Kekurangan Vitamin B dan C, zat besi, protein, atau diet yang agresif menyebabkan rambut rontok. Vitamin A (buah-buahan merah, kuning dan oranye, sayuran hijau, hati, telur, susu dan minyak ikan) dapat mendorong pertumbuhan rambut, sedangkan kekurangan vitamin A menyebabkan ketombe. Vitamin B (biji-bijian, sereal, dan kacang-kacangan) menghasilkan sel darah merah yang lebih kuat. Vitamin C dan asam folat (jeruk, bit, brokoli dan hati) meningkatkan kesehatan rambut.

baca juga  Caranya Rumah Wangi Sampai Seminggu Hanya Dengan Sabun

8. Kurangi Kafein Dan Hindari Alkohol

Akupunktur dan pemijatan kulit kepala mampu merangsang pertumbuhan folikel, seperti halnya tidur, olahraga, yoga atau meditasi. Latihan beban dan latihan aerobik dapat melepaskan endorfin, yaitu zat yang menciptakan kondisi pikiran positif. Bernapas dengan dalam dan panjang dapat memurnikan darah dan membawa nutrisi serta oksigen ke kulit kepala, serta meningkatkan pertumbuhan rambut.

Demikianlah artikel Tips Atasi Jerawat dan Rambut Rontok Bagi Hijaber Terima kasih telah meluangkan waktu Anda untuk membaca Semoga bermanfaat bagi Anda semua. Dan bagikanlah pada orang lain agar lebih bermanfaat bagi Anda semua.

Jika bermanfaat. Silakan Share :