Tips Melindungi Mata Selalu Sehat Saat Musim Kemarau

Tips Melindungi Mata Selalu Sehat Saat Musim Kemarau

Tips Melindungi Mata Selalu Sehat Saat Musim Kemarau – Selama musim kemarau sering kali membawa masalah pada kesehatan mata, mulai dari virus konjungtivitis hingga ulkus kornea. Air, latihan mata atau obat mata lainnya dapat membantu melindungi mata Anda.

Sanjay Dhawan, direktur oftalmologi di Fortis Healthcare, berbagi tips tentang cara dan mencegah beberapa masalah umum mata selama musim panas.

Nah, artikel yang berjudul Tips Melindungi Mata Selalu Sehat Saat Musim Kemarau ini akan membahas apa sajakah cara mencegah penyakit mata ketika musim kemarau. Jika Anda ingin mengetahui apa sajakah cara mencegah penyakit mata ketika musim kemarau, langsung saja baca Tips Melindungi Mata Selalu Sehat Saat Musim Kemarau berikut ini:

Cara Mencegah Penyakit Mata Ketika Musim Kemarau

Tips Melindungi Selalu Mata Sehat Saat Musim Kemarau cara mencegah penyakit ketika

Tips Melindungi Mata Selalu Sehat Saat Musim Kemarau

.

Viral Conjunctivitis:

Jika mata Anda berubah menjadi merah, terasa menusuk serta berair, berarti Anda menderita viral conjunctivitis (virus konjungtivitis). Karena penyakit ini menular dengan cepat, cobalah untuk mengurangi interaksi dengan orang sekitar Anda selama beberapa hari. Anda juga perlu menjaga kebersihan yang baik dengan mencuci tangan dan daerah mata dengan air bersih.

Jauhkan saputangan dan handuk untuk diri sendiri dan jangan izinkan orang lain meminjam saputangan dan handuk Anda. Gunakan antibiotik tetes mata dan salep mata, tetapi hanya apabila sudah berkonsultasi ke dokter.
.

Timbilen/Bintitan:

Dalam hal ini, mata Anda membengkak. Anda akan mengalami rasa sakit dan kemerahan dikarenakan infeksi bakteri pada kelopak mata. Kebersihan adalah hal penting dalam upaya untuk menyembuhkan timbilen atau bintitan. Kompres mata Anda yang timbilen/bintitan dengan handuk yang basah oleh air hangat. Tablet analgesik dan antibiotik juga dapat membantu mengurangi rasa sakit.
.

Sindrom Mata Kering:

Gejala kondisi ini termasuk rasa gatal, keluarnya cairan dari mata, kemerahan, nyeri serta kekeringan di mata. Mata perlu dicuci secara menyeluruh. Pelumas tetes mata juga dapat digunakan untuk membuat mata lebih baik. Kenakan eye shades yang berkualitas baik untuk melindungi mata dari sinar ultraviolet matahari yang berbahaya.
.

Ulkus Kornea:

Infeksi dapat menjadi hasil dari komplikasi konjungtivitis atau penggunaan lensa kontak yang terkontaminasi. Ulkus Kornea dapat disebabkan akibat bakteri, jamur atau virus. Ulkus Kornea menyebabkan sakit yang parah, kemerahan, berair, mengaburkan pandangan, fotofobia dan bercak putih kekuningan pada kornea. Anda harus segera mengunjungi dokter jika mata Anda terinfeksi.
Dhawan juga menyarankan beberapa hal untuk dilakukan dan melarang beberapa hal tertentu:
  • Sunglasses: 
baca juga  Ketahui 5 Manfaat Jambu Kristal, Termasuk Obati Rabun hingga Silindris!

Pilihlah kacamata hitam yang menutupi seluruh mata. Kacamata hitam dapat memblokir 99-100 persen radiasi UVA dan UVB dan menyaring 75 sampai 90 persen dari cahaya tampak.

Pastikan lensa kacamata hitam Anda sangat cocok dalam warna dan bebas distorsi dan ketidaksempurnaan. Lensa abu-abu mengurangi intensitas cahaya tanpa mengubah warna objek, memberikan penglihatan warna yang paling alami. Pilih lensa kacamata hitam menurut berapa banyak radiasi UV yang bisa diserap.

  • Lensa Kontak:
Lensa kontak Anda juga harus dilindungi dari panas yang hebat. Jika Anda memakai lensa kontak UV pelindung, Anda masih perlu memakai kacamata hitam untuk melindungi area mata yang tidak tercakup oleh lensa.
  • AC: 
Penggunaan AC harus dihindari jika Anda menderita infeksi mata.
  • Air Dingin: 
Basuh mata dengan air dingin secara rutin. Air dingin dapat menenangkan mata stress dan membuat mata Anda terhidrasi. Hindari menggosok mata. Hindari atau lindungi mata dari debu.
  • Olahraga Mata: 
Olahraga mata baik untuk menghilangkan tekanan pada mata. Olahraga mata terbaik yang dapat Anda lakukan adalah dengan cara menutup mata Anda dan tekan mata dengan telapak tangan Anda. Anda harus melakukan latihan perawatan mata seperti ini setiap hari selama sekitar 5 sampai 10 menit.
Demikianlah artikel yang berjudul Tips Melindungi Mata Selalu Sehat Saat Musim Kemarau ini. Terima kasih telah meluangkan waktu Anda untuk membaca Tips Melindungi Mata Selalu Sehat Saat Musim Kemarau. Semoga Tips Melindungi Mata Selalu Sehat Saat Musim Kemarau menjadi bermanfaat bagi Anda semua. Dan bagikanlah Tips Melindungi Mata Selalu Sehat Saat Musim Kemarau kepada orang lain agar Tips Melindungi Mata Selalu Sehat Saat Musim Kemarau lebih bermanfaat bagi Anda semua.
Jika bermanfaat. Silakan Share :