Tips Bagi Wanita 40 Tahun Keatas Agar Tetap Sehat

Tips Bagi Wanita 40 Tahun Keatas Agar Tetap Sehat

Tips Bagi Wanita 40 Tahun Keatas Agar Tetap Sehat – Saat perempuan tumbuh dewasa, tubuhnya cenderung untuk mengalami berbagai masalah kesehatan, terutama masalah kesehatan yang berkaitan dengan usia. Dengan berjalannya waktu, mereka harus lebih memperhatikan kondisi fisik mereka karena akan ada beberapa perubahan yang terjadi dalam tubuhnya.

Nah, pada hari ini akan dibahas apa sajakan itu Tips Bagi Wanita 40 Tahun Keatas Agar Tetap Sehat. Tentunya informasi yang akan disampaikan dibawah ini penting untuk diketahui wanita yang berusia 40 tahun keatas agar senantiasa sehat. Langsung saja, berikut adalah beberapa panduan penting bagi perempuan yang berusia lebih dari 40 untuk menjaga diri senantiasa fit dan sehat:

Tips Sehat Untuk Perempuan Usia 40 Tahun Keatas

 

Tips Sehat Untuk Perempuan Usia 40 Tahun Keatas wanita umur bagi

Tips Bagi Wanita 40 Tahun Keatas Agar Tetap Sehat

.

Skrining Kanker Payudara:

Sebenarnya pemeriksaan payudara sendiri dianjurkan untuk wanita dari segala usia. Namun, jika Anda berusia mendekati atau lebih dari 40 tahun, mammogram tahunan harus dilakukan sebagai tindakan pencegahan atau untuk menghindari komplikasi lebih lanjut. Terlepas dari pemeriksaan rutin, dengan mengetahui faktor risiko dan mengadopsi gaya hidup sehat dapat membantu Anda mengurangi kemungkinan terkena penyakit yang berpotensi fatal ini.
.

Skrining Penyakit Jantung:

Penelitian telah menunjukkan bahwa penyakit jantung lebih banyak terjangkit pada perempuan, termasuk orang-orang muda. Di Amerika Serikat, penyakit jantung adalah penyebab utama kematian.

Para ahli kesehatan menyarankan bahwa perempuan harus memeriksa kolesterol dan tekanan darah setiap tahun, terutama jika ada riwayat penyakit jantung dalam keluarga mereka.
.

Tes Kepadatan Tulang:

Wanita dengan riwayat keluarga osteoporosis harus berkonsultasi dengan dokter mereka untuk tes kepadatan tulang atau DEXA scan. Menurut National Osteoporosis Foundation, wanita empat kali lebih mungkin dibandingkan pria untuk terkena osteoporosis, dan osteoporosis pada wanita bisa terjadi pada usia berapa pun. Penyakit tulang telah menjadi masalah kesehatan bagi perempuan dari segala usia. Wanita yang memiliki periode menstruasi yang tidak teratur atau memasuki masa menopause dini juga harus lebih berhati-hati dalam mencegah penyakit osteoporosis.
.

Olahraga Teratur:

Latihan memang penting dalam setiap tahap kehidupan, tetapi karena Anda berusia 40 tahun lebih, Anda perlu melakukan lebih sering lagi olahraga agar tetap sehat. Itu dikarenankan tubuh Anda mengalami beberapa perubahan seperti penurunan massa otot dan tulang mulai menjadi lemah. Pastikan bahwa Anda melakukan olahraga selama 45 menit sebanyak 3-4 kali per minggu. Jika Anda tidak sempat berolahraga, maka Anda juga dapat menggantinya dengan aktivitas fisik lain seperti berjalan-jalan cepat. Yoga dan Pilates adalah latihan yang ideal pada usia ini karena Yoga dan Pilates tidak melelahkan, ditambah Yoga dan Pilates memberikan hasil yang besar tanpa memakan banyak waktu Anda.
.

Pola Makan Yang Sehat:

Mempertahankan pola makan sehat adalah suatu keharusan bagi seorang wanita yang mendekati atau lebih dari 40. Selama periode ini, tingkat estrogennya mulai menurun ketika mendekati menopause, menyebabkan metabolisme tubuhnya melambat dan nafsu meningkat. Oleh karena itu, mereka harus mencoba untuk mengkonsumsi lebih banyak sayuran, buah-buahan, produk gandum, daging tanpa lemak, unggas, ikan dan produk susu rendah lemak. Sedangkan gula, lemak jenuh, garam dan alkohol harus dihindari.
.

Minum Banyak Air:

Air adalah unsur yang sangat penting untuk kelangsungan hidup semua makhluk hidup. Wanita yang mendekati atau lebih dari 40 harus minum banyak air. Setelah usia 40, kebanyakan wanita menghadapi masalah retensi air karena ketidakseimbangan hormonal dan fluktuasi yang tiba dengan menopause.

baca juga  Hilangkan Insomnia Dengan Latihan Yoga

Minum banyak air akan membantu menghindari masalah retensi selain memberikan banyak manfaat kesehatan dan menghilangkan racun dari tubuh.

Demikianlah artikel yang berjudul Tips Bagi Wanita 40 Tahun Keatas Agar Tetap Sehat ini. Terima kasih telah meluangkan waktu Anda untuk membaca  Semoga  bermanfaat bagi Anda semua. Dan bagikanlah pada orang lain agar  lebih bermanfaat bagi Anda semua.

Jika bermanfaat. Silakan Share :