bayi mandi

bayi mandi

Bayi yang baru lahir boleh dimandikan pada waktu kapanpun, tetapi jangan sampai pada waktu makan, atau pun pada waktu tidur mereka. Sebaiknya, untuk memandikan bayi adalah pada waktu pagi hari, setelah bayi berjemur di panasnya matahari pagi, setelah itu dimandikan kira-kira pada pukul 6 pagi sampai dengan pukul 8 pagi, dan mandi sore sekitar pukul 4 sampai dengan pukul 5 sore.

Bayi yang baru lahir sampai usia mereka mencapai 3 bulan sangatlah rentan terhadap udara yang dingin,

sebaiknya Bunda menyiapkan air hangat kuku di malam hari untuk memandikan si bayi, dan juga peralatan yang dibutuhkan:

  • Bak mandi bayi,

ini untuk memandikan atau menaruh air hangat untuk mandi bayi, pastikanlah air hangat sudah dicoba suhunya melalui telapak tangan Bunda. Jangan sampai kepanasan, maupun kedinginan.

  • Perlak mandi,

ini sangat berguna untuk alas bayi ketika sudah dimandikan.

  • Sabun mandi,

pakailah sabun mandi yang cocok untuk bayi, lembut dan mempunyai pH yang seimbang. sabun mandi bayi adalah sabun cair untuk bayi yang dikhususkan untuk melembabkan kulit dengan perpaduan Almond Oil untuk membersihkan dan memelihara kelembutan kulit, dan Rose Oil untuk membuat bayi Bunda tenang.

  • Shampoo bayi,

gunakan shampoo yang khusus untuk bayi dan pastikan shampoo lembut di mata bayi ketika dipakai.  sabun mandi bayi pilihan yang tepat untuk Bunda, shampoo yang mengandung coconut oil, dan juga aloe vera ini diformulasikan untuk menyuburkan rambut, dan menjaga kesehatan kulit kepala bayi. Coconut oil yang berfungsi untuk melindungi dan melembabkan rambut halus, dan aloe vera yang bertugas untuk meningkatkat pertumbuhan rambut.

  • Hair lotion,

setelah menggunakan shampoo gunakanlah hair lotion untuk menyegarkan dan juga menyehatkan rambut. sabun mandi bayi  cocok untuk menghaluskan rambut, dan memberi kenyamanan pada kulit kepala si kecil. Mengandung coconut oil dan aloe vera, gunakanlah setelah keramas, dan sambil pijatlah kulit kepala bayi secara perlahan-lahan.

  • Handuk,

gunakan handuk bayi yang lembut dan juga halus, agar kulit bayi merasa nyaman.

  • Bedak,

gunakan bedak khusus bayi dan juga aman bagi bayi. Fresh and Nourish Baby Powder, sangat tepat untuk menjaga agar kulit bayi harum, lembut, segar, dan dapat menyerap kelebihan kelembabab. Mengandung bluberry extract, yang kaya dengan vitamin a dan c untuk kulit, serta yoghurt, dan vitamin E menjaga kelembabab dan kekenyalan kuilt bayi.

  • Minyak telon,

gunakanlah minyak telon untuk menghangatkan tubuhnya dari suhu disekitar. Minyak telon memberikan kehangatan, selain itu juga membantu meredakan perut kembung pada bayi. Campuran Fannel Oil (minyak adas), Eucalyptus Oil, dan Coconut Oil (minyak kelapa) menjadikan kulit bayi Bunda lembut dan lembab.

  • Popok, dan pakaian bayi.

Pilihlah popok dan pakaian bayi yang menyerap keringat dan juga terbuat dari bahan katun.

baca juga  Hindari Kelahiran Prematur Dengan Kebiasaan Sehat Saat Hamil

Sangatlah penting untuk memperhatikan dan memandikan si bayi. Karena itu, pilih waktu dimana bunda tidak sedang sibuk, dan bisa fokus memandikan si kecil. Tidak perlu menjawab telepon dan hindari meninggalkan bayi sendirian, selama beberapa waktu untuk melakukan hal lain, ketika sedang memandikannya karena hal ini bisa membahayakan.