Bolehkah Wanita Hamil Makan Bakso? Tinjau Tips Dulu, Ma

Read Time:3 Minute, 46 Second

Saat hamil, nafsu makan bisa meningkat atau malah menurun cukup signifikan. Memilih menu makanan sehari-hari sangat penting untuk memenuhi kebutuhan gizi janin.

Selain itu, efek mual dan muntah yang kerap dirasakan ibu hamil kadang menimbulkan keinginan yang lebih kuat untuk mengonsumsi makanan tertentu. Salah satu menu yang populer adalah bakso.

Memiliki cita rasa gurih dan kuah hangat yang sedap, makan bakso seringkali menjadi sesuatu yang sangat disukai oleh ibu hamil. Tapi apakah bakso aman dikonsumsi ibu hamil?

Bolehkah ibu hamil makan bakso?

Pada dasarnya, bakso adalah menu sehat jika dikonsumsi secara tepat. Terbuat dari daging sapi, memiliki kandungan protein yang baik bagi tubuh. Hanya saja, seringkali konsumsi menu bakso disajikan dengan keliru sehingga manfaat sehatnya justru dihilangkan.

Salah satu efek dari konsumsi bakso yang tidak sehat bagi ibu hamil termasuk juga jika cara pembuatan baksonya menggunakan bahan pengawet, ini tentu bisa membahayakan kesehatan janin.

Termasuk juga jika saat membuat kuah diberikan terlalu banyak kaldu bubuk, perasa atau monosodium glutamate (MSG). Terlalu banyak konsumsi sodium dapat meningkatkan risiko hipertensi, stroke, masalah ginjal hingga gangguan jantung.

Jadi, sebenarnya boleh saja ibu hamil makan bakso, tapi tetap ada aturan penting yang perlu diperhatikan supaya justru tidak berdampak buruk bagi kesehatan tubuh Mama dan juga janin. Apa saja?

Berikut ptamins.com rangkum informasi cara aman makan bakso bagi ibu hamil:

1. Lebih baik membuat bakso sendiri

Meski banyak tukang bakso yang lewat atau membuka kios, yang tampaknya lebih menggiurkan, namun saat hamil akan jauh lebih baik jika Mama makan bakso yang dibuat sendiri alias homemade.
Bahan-bahan yang digunakan lebih terjamin dan masih segar, selain itu penggunaan bumbu-bumbu pun bisa lebih terawasi.

baca juga  Gerakan Simpel yang direkomendasikan Bagi Ibu Hamil

Konsumsi bakso yang tidak diketahui secara pasti bagaimana cara pembuatannya bisa berbahaya bagi kesehatan. Salah satunya jika bakso dibuat menggunakan boraks.

Meski terasa lebih enak dan kenyal, tapi bakso yang dibuat menggunakan boraks membahayakan kesehatan. Salah satunya meningkatkan risiko kanker dan penyakit lainnya.

Jika Mama tidak bisa membuat bakso sendiri, upayakan untuk membeli bakso di tempat bakso homemade dan terpercaya. Setidaknya Mama tetap bisa membuat sendiri kuahnya dengan bumbu yang lebih alami dan terhindari dari bahan pengawet.

2. Hindari penggunaan MSG berlebihan pada kuah

Monosodium glutamate alias MSG dikenal sebagai salah satu bahan aktif untuk menyedapkan masakan. Namun meski nantinya makanan akan terasa lebih enak, bahayanya juga ada bagi kesehatan lho, Ma.
Terutama bagi ibu hamil, konsumsi MSG berlebihan juga bisa memberikan dampak tidak baik. Di antaranya yakni merusak perkembangan otak janin, meningkatkan risiko penyakit jantung, serta merusak sistem saraf.

Mudah kok, Ma, untuk membuat sendiri kuah bakso di rumah. Mama bisa menggunakan bumbu alami seperti bawang putih, bawang merah, kaldu sapi, garam, daun bawang dan merica secukupnya. Selain lebih enak, kuah buatan sendiri tentunya lebih sehat.

3. Makan dengan porsi sewajarnya

Meskipun Mama tetap boleh makan bakso, tapi tetap ingat untuk memakannya dengan porsi wajar, ya. Hindari berlebihan mengambil porsi dan makan bakso terlalu sering.
Seperti disebutkan sebelumnya, bakso dan kuahnya seringkali mengandung sodium tinggi. Oleh sebab itu, lebih baik konsumsi sesekali saja dan tidak perlu setiap hari.

Saat hamil, Mama perlu memenuhi kebutuhan nutrisi harian untuk tumbuh kembang janin melalui asupan makanan yang sehat dan bergizi. Misalnya melalui sayuran, buah, daging, nasi dan susu.

baca juga  Mengatasi Kesulitan Menyusui Akibat Tongue Tie | Bayi Lidah Pendek

Jika Mama makan bakso terus-terusan atau terlalu banyak, dikhawatirkan Mama merasa sudah kenyang padahal kebutuhan nutrisi harian janin masih belum tercukupi.

4. Lengkapi dengan sayuran

Selain memastikan bakso benar-benar matang, terbuat dari bahan alami dan kuahnya juga tidak menggunakan MSG berlebihan, agar lebih sehat Mama juga bisa menambah sayuran pada menu bakso.

Sayuran yang ditambahkan bisa berupa sawi, wortel atau jagung. Sesuaikan dengan menu favorit Mama. Selain itu, Mama juga bisa mengonsumsi menu sayur tersendiri setelah makan bakso.

Jangan lupa juga untuk mengonsumsi buah potong dan air putih setelah makan bakso, ya. Dengan begitu, pemenuhan nutrisi Mama akan menjadi lebih seimbang.

5. Tidak menggunakan saos botolan yang berpengawet

Saos botolan yang ada di tukang bakso maupun di pasaran seringkali mengandung bahan pengawet, perasa dan pewarna. Jika dikonsumsi secara berlebihan, komponen ini juga bisa membahayakan kesehatan kehamilan.
Selain itu, penggunaan sambal dan rasa pedas berlebihan juga sebaiknya tidak dilakukan karena bisa membuat Mama diare. Saat hamil, saluran pencernaan Mama biasanya akan menjadi lebih sensitif. Jangan anggap enteng, diare juga bisa menyebabkan dehidrasi yang kemudian memicu kontraksi rahim.

Buatlah sambal sendiri di rumah, dengan bahan-bahan yang tentunya lebih alami. Namun demikian, tetap gunakan rasa pedas secukupnya saja dan jangan berlebihan, ya.

Itulah risiko makan bakso berlebihan bagi ibu hamil dan cara-cara aman untuk tetap bisa menikmatinya. Ingat ya, Ma. Tetap memprioritaskan kebutuhan nutrisi bayi Anda selama kehamilan.

0 0
Happy
Happy
%
Sad
Sad
%
Excited
Excited
%
Sleppy
Sleppy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
%
Jika bermanfaat. Silakan Share :

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *