Hilangkan Insomnia Dengan Latihan Yoga

Hilangkan Insomnia Dengan Latihan Yoga – Apakah Anda susah tidur di malam hari? Apakah Anda merasa lelah dan lesu sepanjang hari? Penyebab sulitnya tidur bisa jadi karena stress. Tapi apakah Anda tahu bahwa susah tidur di malam hari bisa menjadi tanda insomnia. Insomnia adalah kebuah kondisi yang diartikan kesulitan untuk tidur disertai kelelahan ekstrim dan mudah tersinggung di siang hari.

Pada zaman sekarang, tidak mengherankan jika sejumlah besar orang menggunakan pil dan obat tidur untuk melelapkan mata. Namun, ada cara alami untuk menyembuhkan insomnia, bahkan untuk kasus insomnia yang akut. Dalam postingan kali ini ptamins akan memberitahu Anda tentang pose yoga yang dapat membantu Anda tidur nyenyak setiap malam.

Pada kali ini, Anda akan diberikan informasi mengenai Hilangkan Insomnia Dengan Latihan Yoga, akan menerangkan kepada Anda secara lengkap. Jadi, jika Anda ingin mengetahui bacalah  berikut:

Belajar Teknik Yoga Untuk Menghilangkan Kebiasaan Insomnia

 

teknik yoga kebiasaan insomnia cara tips belajar menghilangkan

Hilangkan Insomnia Dengan Latihan Yoga

Insomnia dapat disebabkan karena berbagai alasan. Bisa jadi karena terlalu banyak mengkonsumsi kafein atau karena tidur terlalu lama di siang hari. Insomnia juga dapat disebabkan oleh stress atau karena terlalu banyak menonton televisi (terutama komedi dan horor) sebelum tidur yang dapat membuat pikiran aktif lebih lama. Sulit tidur di malam hari juga dapat disebabkan karena kondisi mental seperti gangguan bipolar dan generalised anxiety disorder (GAD).

Untuk membantu Anda menghilangkan insomnia, berikut akan diberikan tips langsung dari konselor psikologis dan personal trainer yoga, Amulya R. Dia mengatakan, “Yoga mengatur beberapa asana seperti maju lentur dan pose berbaring untuk membantu tidur lelap. Asana ini membantu dalam relaksasi tubuh dan pikiran, terutama bila dilakukan dengan napas panjang, yang berarti menghembuskan napas keluar udara dari paru-paru Anda selambat mungkin. Menahan napas setelah bernapas selama beberapa detik dalam posisi ini juga dianjurkan. Lakukan lagi untuk sekitar 3-4 detik, jika lebih dari itu, dapat berefek pada energi dan membuat pikiran mudah gelisah. Selanjutnya berbaring di tempat tidur dan memperpanjang napas Anda serta benar-benar memfokuskan pikiran Anda pada napas Anda. Itu semua dapat menjadi  obat tidur.”

baca juga  Manfaat Tomat Untuk Kesehatan Dan Cara Mengolahnya

Bagaimana Cara Kerjanya?

Menurut Amulya, “Memperlambat hembusan napas dapat mengaktifkan sistem saraf parasimpatis dalam tubuh. Sistem saraf parasimpatis berhubungan dengan sistem saraf simpatik. Sistem saraf simpatik adalah komponen yang membantu membawa tubuh ke dalam ‘mode istirahat’. Berbeda dengan sistem saraf simpatik yang membawa tubuh ke dalam ‘mode waspada’. Oleh karena itu dengan mengaktifkan sistem saraf parasimpatis, akan membuat tubuh Anda santai dan proses ini biasanya dilakukan saat tidur.

Pose Yoga M1embantu Tidur Yang Lebih Baik

Paschimottanasana: Asana ini memudahkan pikiran dan membantu Anda rileks. Untuk melakukan asana ini, duduklah di lantai dengan kaki diluruskan. Lalu angkat tangan di atas kepala Anda dan perlahan-lahan bungkuk ke depan. Sentuh jari-jari kaki Anda dengan ujung jari Anda dan kepala ke lutut Anda. Titik asana ini untuk membantu Anda santai, menghilangkan stress, dan menjadi tenang. Pada awalnya, Anda mungkin kesulitan menyentuh jari kaki Anda, namun nantinya Anda juga bisa jika rutin berlatih. Bernafaslah saat Anda membungkuk ke depan, tahan nafas dan kemudian tarik napas ketika kembali ke posisi semua.

Uttanasana: Untuk melakukan pose ini, berdirilah dengan tegak. Angkat tangan dari depan ke atas kepala Anda dan tarik napas perlahan-lahan. Kemudian bungkuk ke depan dan dorong pantat Anda kembali sampai telapak tangan menyentuh lantai dan dahi Anda menyentuh lutut Anda. Jika Anda tidak dapat menekuk sepenuhnya, atau tidak nyaman dengan peregangan pada paha belakang, tekuk lutut sedikit. Tetap dalam pose ini sampai Anda merasa nyaman. Pose ini membantu darah mengalir ke kepala Anda, membantu tubuh Anda beralih ke sistem saraf parasimpatis, yaitu membantu Anda rileks. Untuk kembali ke posisi berdiri, saat Anda menarik napas perlahan-lahan, bawa lengan di atas kepala Anda. Kemudian saat Anda menghembuskan napas, bawa tangan Anda turun dari depan wajah Anda. Jangan menyentakkannya. Ingatlah untuk bangkit dari pinggul, tanpa meregangkan otot-otot Anda.

baca juga  Sepele Banget, Tips Daki Bisa Hilang dengan Cara Ini

Apanasana: Ini pose yang bagus untuk bersantai bagi punggung dan otot-otot yang tegang bagian leher dan paha. Yang perlu Anda lakukan adalah berbaring telentang dan letakkan kedua telapak tangan Anda di lutut. Saat Anda mengeluarkan napas, tarik kaki Anda ke dada Anda dengan lembut. Biarkan kaki Anda bergerak dengan kekuatan paha bukan menggunakan lengan Anda untuk menariknya. Ketika Anda menarik napas, longgarkan pegangan Anda, sehingga kaki Anda  jauh dari perut Anda. Lakukan ini sambil melakukan beberapa napas. Biarkan napas Anda membimbing gerakan Anda. Tahan posisi ini selama beberapa waktu. Tutup mata Anda, dan jika pikiran Anda tidak beristirahat, cobalah menghitung napas Anda. Ini membantu menyuruh pikiran untuk tenang. Ketika Anda merasa tenang, perlahan-lahan menurunkan kaki Anda ke lantai dan rileks.

Supta Baddakonasana: Asana ini membantu pikiran dan tubuh Anda rileks dengan membentang otot-otot di kaki dan punggung. Untuk melakukan pose ini, berbaringlah datar di lantai. Selanjutnya, perlahan-lahan lipat lutut dan bawa tumit Anda terhadap bokong. Saat Anda menarik napas perlahan-lahan, buka lutut Anda dan pindahkan ke lantai, lalu angkat tangan Anda di atas kepala Anda dan taruh di lantai. Anda dapat mengambil beberapa napas panjang dalam posisi ini. Untuk kembali ke posisi awal, bawa tangan Anda kembali ke posisi normal, perlahan-lahan tarik lutut Anda bersama-sama, dan kemudian luruskan kaki Anda sehingga sekali lagi dalam posisi berbaring. Untuk berdiri, berguling ke samping kiri, dan gunakan tangan Anda untuk bangun.

Shavasana: Dalam pose ini hanya berbaring telentang. Tempatkan telapak tangan Anda di samping tubuh Anda, dengan telapak tangan menghadap ke atas. Berbaring sepenuhnya diam dan perpanjang tarikan napas Anda.

baca juga  4 Nutrisi (Eyevit) Selain Vitamin A Baik untuk Kesehatan Mata

Siapa Yang Bisa Melakukan Pose Ini?

“Siapa saja yang dapat melakukan pose-pose yang disebutkan diatas adalah individu yang cukup sehat sehaingga dapat berlatih asanas, namun juga tergantung pada kapasitas mereka sendiri. Tapi ada beberapa orang yang tidak boleh mencobanya. Orang dengan kondisi seperti spondylosis yang kadang-kadang membuat mereka merasa pusing dan orang-orang dengan tekanan darah tinggi sebaiknya tidak usah maju membungkuk ketika melakukan asana. Siapa saja yang memiliki masalah dengan tulang belakang mereka, kondisi seperti lordosis, skoliosis, kyphosis, dan lain lain juga dianjurkan untuk tidak mencoba pose ini tanpa pengawasan seorang guru yoga yang terlatih. Selanjutnya, asana ini dimaksudkan untuk membuat tubuh santai dan karenanya tidak boleh dilakukan dengan terlalu memaksa. Jika Anda merasa sakit atau tidak nyaman saat melakukan salah satu asana ini, itu merupakan indikasi bahwa ada sesuatu yang tidak benar dan bahwa Anda perlu berkonsultasi dengan pelatih yoga sebelum melanjutkan,” tambah Amulya.

Terakhir Amulya mengatakan, “Meskipun latihan yoga dapat menenangkan membantu menenangkan pikiran seseorang, tetap saja itu semua tergantung pada yang menjadi penyebab insomnia pada seseorang. Yoga saja mungkin masih kurang membantu. Penting untuk diingat bahwa latihan yoga harus diawasi oleh seorang instruktur yang terlatih agar bermanfaat. Jika hanya melakukan urutan asana tanpa memahami urutan atau modifikasi apa yang perlu dilakukan mungkin yoga dapat berakhir menjadi berbahaya.”

Demikianlah artikel, Terima kasih telah meluangkan waktu Anda untuk membaca Hilangkan Insomnia Dengan Latihan Yoga. Semoga  bermanfaat bagi Anda semua. Dan bagikanlah  pada orang lain agar Hilangkan Insomnia Dengan Latihan Yoga lebih bermanfaat bagi Anda semua.

Jika bermanfaat. Silakan Share :